Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran think pair share pada pokok bahasan logika matematika kelas X SMA Negeri 1 Panyabungan Selatan

Suaibah, Suaibah (2016) Upaya meningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran think pair share pada pokok bahasan logika matematika kelas X SMA Negeri 1 Panyabungan Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0085.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematika siswa pada pembelajaran matematika di kelas X SMA Negeri 1 panyabungan Selatan. Hal ini disebabkan siswa masih kurang memahami materi matematika dan siswa belum mampu menyampaikan ide-ide yang dimilikinya. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan logika matematika kelas X SMA Negeri 1 Panyabungan Selatan.? Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran think pair share pada pokok bahasan logika matematika kelas X SMA Negeri 1 Panyabungan Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini adalah kelas X-1 tahun ajaran 2016/2017 pada materi logika matematika yang terdiri dari 22 siswa dengan 7 siswa lai-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus dan pada setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan yang di dalamnya terdapat empat tahapan utama kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Untuk memperoleh data yang diperlukan, peneliti menggunakan observasi secara langsung kelapangan, dengan mengamati peninkatan kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap materi logika matematika. Setelah data terkumpul peneliti menganalisis data secara deskriptif, untuk melihat peningkatan siswa secara individual maupun secara klasikal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tes awal jumlah siswa yang tuntas yaitu 7 siswa dengan persentase ketuntasan 31,81%. Setelah dilaksanakan penerapan model pembelajaran think pair share terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa pada setiap pertemuan. Pada tes pertemuan-1 Siklus I jumlah siswa yang tuntas 12 siswa dengan persentase ketuntasan 54,54%. Kemudian pada pertemuan-2 meningkat menjadi 16 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 72,72%. Setelah dilakukan Siklus II pada pertemuan-1 jumlah siswa yang tuntas 18 siswa dengan persentase ketuntasan 81,81% dan pada pertemuan-2 meningkat menjadi 20 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 90,90%. Hal tersebut menunjukkan jumlah siswa yang tuntas telah melebihi setengah artinya target pencapaian pada penelitian ini telah meningkat yaitu paling sedikit 80% maka penelitian ini dapat dihentikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd. dan Suparni, S.Si, M.Pd
Keywords: Model Think Pair Share; Kemampuan komunikasi matematika; Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 16 Apr 2020 06:36
Last Modified: 26 Oct 2021 02:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item View Item