Fadilah, Fadilah (2020) Pengaruh pendekatan metaphorical thinking terhadap hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620200093.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep pembelajaran matematika yang disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang digunakan kurang sesuai dengan materi yang dipelajari sehingga berdampak ke hasil belajar siswa. Penggunaan pendekatan pembelajaran dalam proses pembelajaran matematis membangkitkan motivasi dan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan metaphorical thinking adalah proses berpikir dengan menggunakan metafora-metafora untuk memahami suatu konsep. Metafora beranjak dari konsep yang sudah diketahui siswa menuju konsep yang belum diketahui atau yang sedang dipelajari siswa. Dengan penggunaan pendekatan metaphorical thinking bisa menarik perhatian siswa sehingga pemberian pembelajaran pun semakin terarah karena materi yang dipelajari dikaitkan dengan kehidupan sekitar. Salah satu solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa diantaranya dengan menggunakan pendekatan pembelajaran termasuk salah satunya adalah pendekatan metaphorical thinking. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan metaphorical thinking terhadap hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Tambangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tambangan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti adalah purposive sampling. Sehingga dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah kelas VIII-1 dan VIII-2. Dalam penelitian ini instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Hasil pengujian uji-t diperoleh dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan hitung tabel t t (2,515> 2,021), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian diambil kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan metaphorical thinking terhadap hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Tambangan. Disisi lain skor nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (83,90> 77,62).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Mariam Nasution, M.Pd dan ADrs. H. bdul Sattar Daulay, M.Ag |
Keywords: | Pendekatan Metaphorical Thinking; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 28 Dec 2020 03:51 |
Last Modified: | 28 Dec 2020 03:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6279 |
Actions (login required)
View Item |