Tamela, Fitri (2020) Pengembangan lembar kerja siswa berbasis kontekstual pada materi segitiga untuk siswa kelas VII MTs Swasta Darul Istiqomah Huta Padang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620200005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekurang pahaman siswa terhadap konsep-konsep segitiga. Hal ini disebabkan belum ada Lembar Kerja Siswa untuk tambahan sumber belajar, mereka hanya menggunakan buku paket sebagai sumber belajar sehingga siswa tidak mampu memahami konsep segitiga dengan baik. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka peneliti akan mengembangkan Lembar Kerja Siswa berbasis kontekstual yang tujuannya dapat mempermudah siswa memahami konsep materi segitiga sehingga memperoleh hasil yang lebih baik. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana validitas lembar kerja siswa berbasis kontekstual pada materi segitiga untuk siswa kelas VII MTs Swasta Darul Istiqomah Huta Padang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara dan praktikalitas lembar kerja siswa berbasis kontekstual. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui validitas lembar kerja siswa berbasis kontekstual pada materi segitiga untuk siswa kelas VII MTs Swasta Darul Istiqomah Huta Padang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara dan untuk mengetahui praktikalitas lembar kerja siswa berbasis kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Pengembangan ini dilakukan dengan melalui 7 tahapan, yaitu tahap penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan format produk awal, Uji coba awal, Revisi produk, uji coba lapangan dan revisi produk. Instrumen penelitian berupa angket. Angket respon siswa terhadap lembar kerja siswa (LKS) diberikan kepada 24 siswi MTs Swasta Darul Istiqomah Huta Padang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual. 1) Kevalidan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual ditunjukkan dengan nilai 86% dari analisis 3 validator dengan kategori sangat valid. 2). Kepraktisan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual ditunjukkan dengan nilai 85% dari hasil angket respon siswa dengan kategori sangat praktis. Oleh karena itu, Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual Pada Materi Segitiga ini layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A. |
Keywords: | Lembar Kerja Siswa; LKS; Kontekstual; Segitiga |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 23 Dec 2020 03:13 |
Last Modified: | 23 Dec 2020 03:13 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6266 |
Actions (login required)
View Item |