Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis faktor-faktor yang memengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian pakaian bekas pada masyarakat Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Hasibuan, Sepriana (2020) Analisis faktor-faktor yang memengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian pakaian bekas pada masyarakat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640200047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah masyarakat lingkungan Martapotan kelurahan Langga Payung pada umumnya membeli pakaian bekas dengan harga yang relative rendah padahal kualitas produk yang ditawarkan belum tentu baik. Maka penelitian ini dilakukan untuk melihat factor apa yang memengaruhi konsumen dan memutuskan membeli pakaian bekas dari pada pakaian yang belum terpakai dengan harga yang tinggi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah kualitas produk, kepribadian dan kepercayaan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian pakaian bekas pada Masyarakat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Penelitian ini diharapkan berguna bagi peneliti, dunia akademik dan penelitian lainnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian, kualitas produk, kepribadian dan kepercayaan. Keputusan pembelian adalah seleksi antara dua pilihan alternatif atau lebih. Kualitas produk adalah ciri dan karakteristik suatu barang atau jasa yang berpengaruh pada kemampuan untuk memuaskan kebutuhan. Kepribadian adalah keseluruhan kualitas psikis yang diperoleh yang khas pada seseorang. Kepercayaan adalah gagasan deskriptif yang dimiliki seseorang terhadap sesuatu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang melibatkan sampel sebanyak 67 responden dengan tekniksampling purposive. Data yang digunakan yaitu data primer dan analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas), uji analisis regresi linier berganda, uji koefidien determinasi (R Square), dan uji hipotesis (uji t dan uji f) dengan menggunakan perhitungan statistik SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial kualitas produk dan kepribadian berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dan untuk kepercayaan secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan variabel kualitas produk, kepribadian dan kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa denganadanyakualitas produk yang baik maka dapat memengaruhi keputusan pembelian dan memberikan kepuasan tersendiri kepada setiap konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ikhwanuddin Harahap, M.Ag dan Rini Hayati Lubis, S.P., M.P
Keywords: Keputusan Pembelian; Kualitas Produk; Kepribadian; Kepercayaan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 21 Dec 2020 09:15
Last Modified: 21 Dec 2020 09:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6250

Actions (login required)

View Item View Item