Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih produk arrum haji di PT. Pegadaian (Persero) UPS Madina

Siregar, Lili Tiomalini (2020) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih produk arrum haji di PT. Pegadaian (Persero) UPS Madina. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640100059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian adalah Semakin meningkatnya jumlah kuota haji khususnya di mandailing natal, dimana terlihat dari meningkatnya minat masyarakat muslim untuk melaksanakan ibadah haji. Tetapi diketahui bahwa perkembangan jumlah nasabah arrum haji di PT.Pegadaian (Persero) UPS Madina belum mancapai harapan, dari target PT. Pegadaian (Persero) UPS Madina sebanyak 100 nasabah per tahun namun pada kenyataannya belum mencapai target yang diinginkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh lokasi, kualitas pelayanan, dan harga terhadap keputusan nasabah memilih produk arum haji. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah lokasi, kualitas pelayanan, dan harga mempunyai pengaruh terhadap keputusan nasabah memilih produk arum haji. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu lembaga keuangan syariah non bank dan keputusan nasabah. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan keputusan nasabah, lokasi, kualitas pelayanan, dan harga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 37 responden. Teknik pengambilansampel menggunakan sampel jenuh dan pengumpulan data yang digunakan adalahteknik angket. Analisis data yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji asumsi klasik, dan uji regresi linear berganda. Analisis pengelolaan data dengan menggunakan statistik yaitu SPSS versi 21. Hasil analisis koefesien determinasi (R) sebesar 0,660 artinya korelasi antara variabel lokasi, kualitas pelayanan, dan harga terhadap keputusan nasabah sebesar 0,660. Hubungan antara Lokasi, Kualitas Pelayanan, Harga terhadap keputusan nasabah berada pada interpretasi hubungan yang kuat, Nilai R2 (Adjusted R Square) sebesar 0,385. Menunjukkan bahwa 38,5 persen variabel X1,X2,X3, mempengaruhi keputusan nasabah menggunakan produk arum haji sedangkan 61,5 persen sisanya dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini tidak ada pengaruh lokasi terhadap keputusan nasabah, variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan nasabah dan Variabel harga tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam memilih Produk Arrum Haji pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Madina.. Berdasarkan hasil uji secara bersama-sama (simultan) bahwa lokasi, kualitas Pelayanan, dan harga mempunyai pengaruh terhadap keputusan nasabah dalam memilih Produk Arrum Haji pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Madina.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Abdul Nasser Hasibuan, M.Si dan Sry Lestari, M.E.I
Keywords: Lokasi; Kualitas Pelayanan; Harga Keputusan Nasabah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 18 Dec 2020 04:20
Last Modified: 18 Dec 2020 04:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6227

Actions (login required)

View Item View Item