Siregar, Nurhayati (2019) Kemampuan guru dalam perencanaan pembelajaran pendidikan agama islam di MAN Barumun Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
05 310 809.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (542kB) |
Abstract
Judul skripsi ini adalah “Kemampuan Guru Dalam Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN Barumun Tengah”, yaitu suatu pengkajian tentang kesanggupan guru agama yang mengajarkan materi pendidikan agama Islam dalam membuat rancangan kerja yang berhubungan dengan perencanaan pembelajaran yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan guru menyusun perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di MAN Barumun Tengah., kendala yang dihadapi guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di MAN Barumun Tengah., dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru menyusun perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di MAN Barumun Tengah. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari angket, tes, interviu dan observasi. Analisis data dilaksanakan secara kualitatif. Pengambilan kesimpulan dilaksanakan dengan menggunakan metode berfikir induktif. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di MAN Barumun adalah 63,5%., yaitu berada pada interval 61% - 80% yang berarti baik. Artinya kemampuan guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di MAN Barumun tergolong baik. Kendala yang dihadapi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah kurangnya pengetahuan dan wawasan guru tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, kurangnya kesadaran guru tentang pentingnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan belum efektifnya Musyawarah Guru Mata Pelajaran.Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, di antaranya adalah mengikutsertakan guru-guru pada kegiatan-kegiatan Pendidikan dan Latihan (Diklat), penataran, dan kegiatan lain yang membahas tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran baik yang dilaksanakan di tingkat Kabupaten maupun Propinsi, memperketat penilaian dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas-tugas guru, dan mengaktifkan Musyawarah Guru Mata Pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra.Asmadawati,M.A. dan Drs.Misran Simanungkalit,M.Pd |
Keywords: | Kemampuan guru., Perencanaan pembelajaran |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 08 Dec 2020 02:07 |
Last Modified: | 08 Dec 2020 02:07 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6175 |
Actions (login required)
View Item |