Nasution, Masrita (2010) Efektivitas keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil guru bidang studi fikih di MTs S YPKS Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
04 310 748.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (487kB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul Efektivitas Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil Guru Bidang Studi Fikih di MTs S YPKS Padangsidimpuan. Penggunaan diskusi kelompok kecil di sekolah dasar dan sekolah lanjutan sangat memerlukan bimbingan dari guru. Pelaksanaan diskusi kelompok kecil akan berlangsung secara efektif jika siswa memiliki keterampilan untuk melaksanakan diskusi baik sebagai anggota kelompok maupun sebagai pemimpin kelompok. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil guru bidang studi fikih di MTs S YPKS Padangsidimpuan, apa hambatan yang dihadapi guru bidang studi Fikih di MTs S YPKS Padangsidimpuan dalam melakukan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil dan apa solusi untuk mengatasi hambatan yang dihadapi guru bidang studi fikih di MTs S YPKS pangsidimpuan dalam melakukan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil. Berdasarkan rumusan masalah di atas maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil guru bidang studi Fikih di MTs S YPKS Padangsidimpuan,untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru bidang studi Fikih di MTs S YPKS Padangsidimpuan dalam melakukan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil dan untuk mencari solusi dalam mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi guru bidang studi fikih di MTs S YPKS Padangsidimpuan dalam melakukan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil. Untuk menjawab permasalahan di atas maka digunakan metode diskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan objek sesuai dengan apa adanya. Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah penelitian ini dilakukan dapat diketahui bahwa efektivitas keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil guru bidang studi Fikih dinilai kurang efektif. Hal ini dibuktikan dengan guru bidang studi Fikih telah melakukan komponen-komponen keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil dengan baik, akan tetapi masih banyak siswa yang kurang berpartisipasi secara aktif dalam berdiskusi kelompok kecil dan belum mencapai tujuan diskusi kelompok kecil sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap materi atau masalah yang dibahas, kurangnya kesehatan fisik atau fisikis siswa, kurangnya keberanian siswa dalam mengeluarkan pendapat, kurangnya latihan atau pembiasaan siswa dalam berdiskusi di luar sekolah, kurangnya minat dan motivasi siswa dalam berdiskusi, kurangnya bimbingan dari guru fikih sehingga siswa kurang mengerti bagaimana hakikat berdiskusi yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Asnah dan Asfiati |
Keywords: | Diskusi kelompok; keterampilan guru |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 03:04 |
Last Modified: | 04 Dec 2020 03:04 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6159 |
Actions (login required)
View Item |