Lubis, Nurhatika (2019) Problematika penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1520100181.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Skiripsi ini berjudul “ Problematika Penerapan Kurikulum 2013 pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Batang Angkola”. Temuan awal menunjukkan bahwa SMP Negeri 1 Batang Angkola sudah menerapkan Kurikulum 2013, namun sejauh ini dalam penerapannya masih kurang maksimal disebabkan banyaknya perubahan Kurikulum yang lama dengan kurikulum yang baru sehingga guru-guru khusunya guru Pendidikan Agama Islam perlu mempersipakan diri dalam menerapkan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini melakukan kajian tentang: Bagaimana penerapan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Batang Angkola, apa poblematika penerapan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Batang Angkola. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Batang Angkola, untuk mengetahui problematika dalam penerapan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Batang Angkola. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatitif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada guru Pendidikan Agama Islam sebagi sumber data primer, Kepala Sekolah dan Siswa serta staf tata usaha sebagai sumber data skunder. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa penyebab munculnya problematika penerapan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Batang Angkola adalah kurangnya sosialisasi Kurikulum 2013 terhadap guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam, kurangnya kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam memahami Kurikulum 2013 pada proses penilaian autentik, siswa yang kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran dengan penerapan Kurikulum 2013, fasilitas atau sarana prasarana yang kurang memadai seperti praktek ibadah (musholla), inpokus, dan laptop.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kurikulum 2013; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 16 Apr 2020 05:53 |
Last Modified: | 03 Jun 2020 08:26 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/614 |
Actions (login required)
View Item |