Hasibuan, Muhammad Syukron Thohir (2020) Tranformasi pendidikan agama Islam dalam Deradikalisme di MAN 2 Model Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620100168.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Radikalisme merupakan suatu paham ekstrim yang mengacu pada kekerasan. Radikalisme sudah menjadi topik pembicaraan di berbagai Negara termasuk Indonesia khususnya radikalisme agama. Isu-isu radikalisme agama tidak hanya terdapat pada ruang lingkup masyarakat biasa saja, akan tetapi paham radikal ini sudah masuk ke dunia pendidikan. Oleh karena itu, merupakan tanggung jawab lembaga pendidikan dalam mengantisipasi radikalisme agar tidak masuk ke lingkungan sekolah dan merupakan peran guru pendidikan agama Islam dalam menangkal radikalisme agama di sekolah agar peserta didik tidak terpapar radikalisme. Berangkat dari permasalahan tersebut, rumusan masalah penelitian ini adalah mengukur tingkat radikalisme siswa di MAN 2 Model Padangsidimpuan dan bagaimana transformasi pendidikan agama Islam dalam deradikalisme di MAN 2 Model Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman radikalisme siswa dan bagaimana transformasi pendidikan agama Islam dalam deradikalisme (menangkal radikalisme) di MAN 2 Model Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah mix methods, yaitu menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif menggunakan model sequental (berurutan) dengan pendekatan exlanatory yaitu analisis kuantitatif pada tahap pertama dan diikuti analisis data kualitatif. Analisis data penilitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat radikalisme siswa di MAN 2 Model Padangsidimpuan sangat rendah (50%). Adapun transformasi pendidikan agama Islam dalam deradikalisme di MAN 2 Model Padangsidimpuan berkenaan dengan tranformasi bidang pendidikan keimanan, pendidikan akhlak mulia dan penanaman toleransi beragama melalui proses pembelajaran yaitu persiapan awal; telaah buku-buku PAI secara korektif, serius menyusun perangkat pembelajaran, proses pembelajaran; pembelajaran kooperatif (berkelompok, diskusi, tanya jawab), menyenangkan, mengkaitkan materi pada kegiatan-kegiatan toleransi beragama, meningkatkan media pembelajaran melalui media internet, penilaian secara autentik (nyata/objektif) tidak diskriminasi, selanjutnya pengawasan dan perhatian yang memadai terhadap peserta didik baik di dalam dan di luar sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Magdalena dan Muhlison |
Keywords: | Tingkat radikalisme siswa; tranformasi PAI; deradikalisme |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 02 Dec 2020 03:11 |
Last Modified: | 02 Dec 2020 03:11 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6134 |
Actions (login required)
View Item |