Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Usaha guru agama dalam meningkatkan keberhasilan belajar baca tulis Al-Qur’an di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan

Siregar, Indah Tita Widyani (2009) Usaha guru agama dalam meningkatkan keberhasilan belajar baca tulis Al-Qur’an di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
04 310 656.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (641kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Usaha Guru Agama Dalam Meningkatkan Keberhasilan Belajar Baca Tulis Al-Qur’an di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan”, yaitu merupakan kajiantentang kegiatan yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis ayat-ayat Al-Qur’an siswa kelas II SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan, masalah yang ditemukan dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan, dan usaha yang dilakukan guru agama Islam dalam meningkatkan keberhasilan belajar baca tulis Al-Qur’an di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan digunakan instrumen pengumpulan data yang terdiri atas interviu dan observasi. Analisa data dilaksanakan secara kualitatif. Pengambilan kesimpulan dilaksanakan dengan menggunakan metode berfikir deduktif dan induktif. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa: Usaha yang dilakukan guru agama Islam meningkatkan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan adalah mengajarkan cara melafalkan huruf-huruf Al-Qur’an (makhraj), tajwid dan melagukan ayat-ayat Al-Qur’an, mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat kemampuannya, melakukan bimbingan individual berupa penerapan tutor sebaya, bimbingan individual bagi siswa yang kurang mampu membaca dan menulis Al-Qur’an dan melagukan bimbingan individual cara melagukan Al-Qur’an, serta menumbuhkan kompetisi di kalangan siswa untuk meningkatkan hasil belajar baca tulis Al-Qur’an. Masalah-masalah yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan adalah kemampuan dasar siswa membaca dan menulis Al-Qur’an cukup beragam, yaitu ada siswa yang pengetahuan dasarnya sudah lumayan, tetapi ada juga yang hanya sekedar bias membaca atau bahkan tidak bias membaca, waktu yang terbatas, kurangnya minat dan motivasi belajar siswa, serta kurangnya fasilitas pembelajaran yang mendukung kelancaran pembelajaran, terutama untuk meningkatkan keberhasilan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an. Usaha yang dilakukan untuk menanggulangi masalah yang dihadapi dalam meningkatkan keberhasilan belajar baca tulis Al-Qur’an di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan adalah mengidentifikasi dan mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat kemampuannya, melaksanakan tutor sebaya, memberikan penugasan, memberikan remedial dan pengayaan, menumbuhkan kecintaan kepada Al-Qur’an, menumbuhakan kopetisi, dan menggunakan audio visual yang dibawa sendiri oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Mahabat Siregar dan Drs. Samsuddin, M.Ag
Keywords: Usaha guru agama; Keberhasilan belajar; Baca tulis Al-Qur’an
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 01 Dec 2020 04:54
Last Modified: 01 Dec 2020 04:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6122

Actions (login required)

View Item View Item