Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran alqur’an hadits melalui metode kontekstual di kelas VIII MTs.S Darul Istiqomah Padangsidimpuan

Wulandari, Sri (2020) Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran alqur’an hadits melalui metode kontekstual di kelas VIII MTs.S Darul Istiqomah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran Al-Qur’an Hadits yang masih didominasi oleh guru, dan metode pembelajaran yang digunakan belum bervariasi sehingga siswa hanya duduk, mencatat, dan mendengarkan apa yang disampaikan guru. Sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dan membatasi daya kreativitas siswa, keadaan tersebut dapat menimbulkan kebosanan siswa terhadap pelajaran, dan menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Melihat fakta tersebut, maka perlu dikembangkan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Karena pelajaran Al-Qur’an Hadits merupakan pelajaran yang banyak membahas tentang konsep, sehingga perlu dipahami melihat konteksnya, maka peneliti menawarkan suatu metode, yaitu metode pembelajaran Kontekstual (CTL). Berdasarkan hal tersebut dirumuskan masalah secara khusus yaitu Apakah ada peningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits melalui metode Kontekstual di kelas VIII MTs.S Darul Istiqomah Padangsidimpuan. Sejalan dengan rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits melalui metode Kontekstual di kelas VIII MTs.S Darul Istiqomah Padangsidimpuan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat kali pertemuan (2 Siklus). Pada siklus I terdiri dari dua kali pertemuan, dan pada siklus II terdiri dari dua kali pertemuan, yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil refleksi siklus I pertemuan pertama dan kedua menjadi bahan acuan untuk melanjutkan siklus II. Alat pengumpulan data yang digunakan tes kemampuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode Kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits, hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan setiap siklus, dengan rincian sebagai berikut. Pelaksanaan pra siklus hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata sebesar 54,75, siklus I pertemuan I dengan nilai rata-rata 64,25 dan siklus I pertemuan II mencapai 73,25 dan siklus II pertemuan I dengan nilai 78,5 dan siklus II pertemuan II dengan nilai 84,75. Jadi dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits melalui metode Kontekstual di kelas VIII MTs.S Darul Istiqomah Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag dan Latifa Annum Dalimunthe, M.Pd.I
Keywords: Hasil belajar siswa; Pembelajaran Alqur’an Hadits; Metode kontekstual
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 01 Dec 2020 04:26
Last Modified: 01 Dec 2020 04:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6119

Actions (login required)

View Item View Item