Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pelaksanaan metode sosiodrama pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII MTS S Al-Muttaqin Sosopan

Srg, Rodiah Hannum (2020) Pelaksanaan metode sosiodrama pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII MTS S Al-Muttaqin Sosopan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa terhadap pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sehingga mengakibatkan siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran di MTs S Al-Muttaqin Sosopan dan berefek pada hasil belajar siswa yang rendah. Adapun metode yang digunakan oleh guru yakni metode ceramah yang bisa membuat siswa merasa jenuh dan bosan sehingga menyebabkan siswa kurang memahami pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperluka guru menggunakan metode yang bervariasi aga para siswa tidak mudah bosan, salah satu metode yang patut untuk digunakan yaitu metode sosiodrama terkhusus pada materi Perkembangan Islam Pada Masa Khulafaur Rasyidin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode sosiodrama untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perkembangan Islam Pada Masa Khulafaur Rasyidin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang memiliki dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali prtemuan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs S Al-Muttaqin Sosopan yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes dan lembar observasi. Hasil penelitian dengan penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perkembangan Islam Pada Masa Khulafaur Rasyidin. Dari pra siklus hingga siklus II jumlah siswa yang tuntas bertamabah mulai dari 3 siswa sampai 22 siswa. Nila rata-rata kelas dari pra siklus hingga siklus II juga terjadi peningkatan dari 32,9 sampai 75,2. Sedangakan persentase siswa yang tuntas dari pra siklus hingga siklus II adalah 12,5% samapi 88% Berdasarkan hasil belajar yang diperoleh siswa setelah melakukan beberapa kali pertemuan, maka hipotesis dalam peenlitian ini diterima yaitu ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode sosiodrama pada mata pelajaran Sejarah Kebuayaan Islam materi Perkembangan Islam Pada Masa Khulafaur Rasyidin kelas VII MTs S Al-Muttaqin Sosopan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs.H.Samsuddin,M.Ag dan Muhammad Yusuf Pulungan,M.A
Keywords: Metode Sosiodrama., Hasil belajar siswa
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040307 Islamic History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 12 Nov 2020 02:36
Last Modified: 30 Nov 2020 05:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6050

Actions (login required)

View Item View Item