Tanjung, Astri Sari (2020) Efektivitas penggunaan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VI SD Negeri 100307 Tiangaras Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620100033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pendidikan sangat penting bagi kehidupan manusia. Pada hakikatnya kegiatan belajar mengajar adalah proses interaksi guru atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam satuan pembelajaran. Sebagai pengatur sekaligus pelaku dalam proses pembelajaran, gurulah yang mengarahkan bagaimana caranya supaya proses pembelajaran itu berjalan dengan baik. Oleh karena itu guru harus dapat membuat pengajaran menjadi lebih efektif juga menarik. Salah satu komponen pendidikan yang dapat menentukan berhasil atau tidaknya pendidikan adalah kemampuan guru dalam menetapkan metode pembelajaran. Maka dari itu efektifnya penggunaan metode demonstrasi sangat menunjang meningkatnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VI SD Negeri 100307 Tiangaras. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode demonstrasi dalam materi shalat kelas VI SD Negeri 100307 Tiangaras, dan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa sesudah penggunaan metode demonstrasi materi shalat kelas VI SD Negeri 100307 Tiangaras. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari informan yaitu guru Pendidikan Agama Islam dan siswa Kelas VI SD Negeri 100307 Tiangaras, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan. Berdasarkan hasil penelitian, gambaran hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran materi shalat, kelas VI SD Negeri 100307 Tiangaras yaitu: siswa kesulitan memahami materi shalat, siswa merasa bosan dengan metode ceramah saja. Berdasarkan pertemuan Pra Siklus nilai rata-rata 65,5. Sesudah menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran materi shalat pada Siklus II menunjukkan nilai rata-rata 82. Berdasarkan Siklus I prestasi belajar siswa menunjukkan persentase ketuntasan 69% setelah diberikan tindakan pada Siklus II hasil belajar siswa menunjukkan persentase ketuntasan 88%. Hasil penelitian membuktikan adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu: proses mendemonstrasikan materi shalat siswa berjalan dengan baik, siswa semakin terbiasa dalam melaksanakan shalat, siswa lebih memahami materi shalat, jika melalui metode demonstrasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Agus Salim Daulay, M.Ag dan Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd |
Keywords: | Metode demonstrasi; Hasil belajar; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 11 Nov 2020 05:08 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 05:08 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6029 |
Actions (login required)
View Item |