Hasibuan, Anwar Sanusi (2010) Penggunaan media dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
06 311 089.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (546kB) |
Abstract
Masalah penelitian ini adalah bagaimana jenis-jenis media, penggunaan media, hasil belajar yang menggunakan media dan kendala yang dihadapi dalam penggunaan media pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis media yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan, penggunaan media dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan, hasil yang dicapai dengan menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan kendala dalam menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan bagaimana upaya menanggulanginya. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari interviu Analisis data dilaksanakan secara kualitatif. Pengambilan kesimpulan dilaksanakan dengan menggunakan metode berfikir induktif. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa jenis-jenis media yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah Realthing, CD pembelajaran (audio visual), gambar, peta, tape recorder, dan potongan-potongan ayat dan Hadis yang ditempelkan di papan tulis. Penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini dapat dilihat dalam pembelajaran fiqh guru menggunakan realthing (pengalaman langsung), CD pembelajaran dan gambar. Pada pembelajaran Qur’an hadis tape recorder dan tulisan potongan-potongan ayat al-Qur’an dan Hadis. Pada pembelajaran Akidah Akhlak digunakan gambar dan CD pembelajaran. Pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam digunakan gambar, peta dan CD pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran pada Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kendala yang dihadapi dalam penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Fiqh, Qur’an Hadis, Aqidah Akhlak dan Sejarah Kebudayaan Islam) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan adalah keterbatasan media yang tersedia, keterbatasan waktu, dan kurangnya penguasaan ITC (informatika teknologi computer). Untuk menanggulanginya guru-guru berusaha memanfaatkan media yang ada secara maksimal, mencari media melalui internet dan guru dari sekolah lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A. dan Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd |
Keywords: | Media; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 05 Nov 2020 02:05 |
Last Modified: | 05 Nov 2020 02:05 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5965 |
Actions (login required)
View Item |