Siregar, Nur Aisah (2011) Pengaruh kemampuan guru pendidikan agama Islam mengelola kelas terhadap efektivitas proses pembelajaran siswa di SMP Negeri 2 Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
06 311 031.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (758kB) |
Abstract
Kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas belajar Pendidikan Agama Islam. Guru hendaknya dapat mengelola kelas dengan baik, karena kelas adalah tempat berhimpun anak dan guru dalam rangka menerima bahan pelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam mengelola kelas di SMP Negeri 2 Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan, bagaimana efektivitqas proses pembelajaran siswa di SMP Negeri 2 Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan, apakah terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam mengelola kelas terhadap efektivitas proses pembelajaran siswa di SMP Negeri 2 Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam mengelola kelas di SMP Negeri 2 Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan, untuk mengetahui efektivitas proses pembelajaran siswa SMP Negeri 2 Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan, untuk mengetahui pengaruh kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam mengelola kelas terhadap efektivitas proses pembelajaran siswa SMP Negeri 2 Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Dilihat dari pendekatan analisa data penelitian ini termasuk kepada penelitian kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian sebesar 265 siswa dan sampel penelitian diambil 25% berjumlah 66 siswa. Dari teknik probability sampling, sampel dalam penelitian ini termasuk stratified sampling. Untuk memperoleh data penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data angket dan wawancara. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan guru Pendidikan Agama Islam mengelola kelas terhadap efektivitas proses pembelajaran siswa, maka di peroleh dari jawaban responden dengan menggunakan analisa korelasi product moment kemudian dilanjutkan dengan regeresi sederhana. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil bahwa koefisien korelasi antara variabel Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dengan variabel Efektivitas Proses Pembelajaran siswa tergolong kuat, hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,635, artinya pengaruh positif dan signifikan. Pada taraf signifikan 5%=0,254. Ada pengaruh yang signifikan antara dua variabel yaitu variabel kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dan variabel efektivitas proses pembelajaran siswa di SMP Negeri 2 Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asmadawati, M.A dan Dra. Replita, M.Si. |
Keywords: | Kemampuan Guru; PAI; Pengelolaan; Efektivitas |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 04:53 |
Last Modified: | 04 Nov 2020 04:53 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5959 |
Actions (login required)
View Item |