Nasution, Agustina Rida (2011) Pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa SMK Negeri 1 Kotanopan Kecamatan Kotanopan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
06 311 007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (788kB) |
Abstract
Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana penggunaan metode demonstrasi dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMK Negeri 1 Kotanopan Kecamatan Kotanopan, bagaimana motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMK Negeri 1 Kotanopan Kecamatan Kotanopan, berapa besar pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMK Negeri 1 Kotanopan Kecamatan Kotanopan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode demonstrasi dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Kotanopan Kecamatan Kotanopan, untuk mengetahui motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMK Negeri 1 Kotanopan Kecamatan Kotanopan meningkat atau tidak dengan menggunakan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran, untuk mengetahui berapa besar pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMK Negeri 1 Kotanopan Kecamatan Kotanopan Dilihat dari pendekatan analisa data penelitian ini termasuk kepada penelitian kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian sebesar 476 siswa dan sampel penelitian diambil 15% berjumlah 72 siswa. Dari teknik probability sampling, sampel dalam penelitian ini termasuk stratified sampling. Untuk memperoleh data penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data angket dan wawancara. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan metode demonstrasi dengan motivasi belajar siswa, maka di peroleh dari jawaban responden dengan menggunakan analisa korelasi product moment kemudian dilanjutkan dengan regeresi sederhana. Adapun hasil perhitungan yang diperoleh nilai korelasi product moment (rxy) antara variabel penggunaan metode demonstrasi dan variabel motivasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Kotanopan Kecamatan Kotanopan sebesar 0,450. Selanjut tingkat signifikansi korelasi tersebut dilakukan dengan melihat rtabel (rt) pada taraf signifikansi 5% adalah 0,235 dan pada taraf signifikansi 1 % adalah 0,306. diketahui bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima, yaitu r hitung lebih besar dari r tabel, maka tolak Ho dan terima Ha artinya ada pengaruh yang signifikan. Jadi pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam adalah cukup kuat. Kemudian dibuktikan lagi dengan regresi sederhana, yaitu 42,202 dan garis persamaannya yaitu pada variabel x 49,541 dan pada variabel y 57,638.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, MA dan Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd |
Keywords: | Demonstrasi; Motivasi Belajar, PAI |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 04:38 |
Last Modified: | 04 Nov 2020 04:38 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5958 |
Actions (login required)
View Item |