Kholid, Ahmad (2011) Minat siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
06 310 964.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (477kB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana minat siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan, apakah faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya minat siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan, apa upaya guru bidang Studi Pendidikan Agama Islam dalam merencanakan pembelajaran yang dapat menarik minat siswa. Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui minat siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan.untuk mengetahui Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya minat siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. untuk mengetahui upaya guru bidang Studi Pendidikan Agama Islam dalam merencanakan pembelajaran yang dapat menarik minat siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya minat khususnya minat pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mencapai sasaran dalam mengikuti pelajaran, ada beberapa factor yang mempengaruhi timbulnya minat pada siswa dalam proses belajar-mengajar. Adapun factor faktor yang mempengaruhi timbulnya minat khususnya minat pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah factor Internal dan factor eksternal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriftif. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan wawancara. Pengolahan dan analisis data dilaksanakan dengan cara kualitatif yaitu dengan menggunakan metode berfikir induktif. Untuk mempermudah dalam mencari persentase analisa data yang digunakan rumus distribusi frekuensi relative. Kesimpilan dari penelitian ini adalah minat siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan dikategorikan baik. Faktor penghambat dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan adalah siswa yang malas dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam usaha untuk mengatasinya yaitu diusahakan membawa buku pelajaran Pendidikan Agama Islam pada jam pelajaran Pendidikan Agama Islam dan disuruh sebangku dengan temannya yang membawa buku, sedangkan siswa yang tidak bisa membaca al-Qur’an usaha mengatasinya adalah diusahakan supaya menyalin ke dalam bahasa Indonesia. Dan upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam merencankan pembelajaran yang dapat menarik minat siswa adalah mempersiapkan perencaan pembelajaran, antara lain: tujuan instruksional, bahan pengajaran, kegiatan belajar, metode dan alat bantu belajar serta evaluasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Darwis Dasopang dan Yusni Sinaga |
Keywords: | Pembelajaran; minat siswa; pendidikan Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 04:10 |
Last Modified: | 04 Nov 2020 04:10 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5955 |
Actions (login required)
View Item |