Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan persepsi siswa terhadap pemberian ganjaran dari guru Pendidikan Agama Islam dengan kepribadian siswa di SMKS Kampus Padangsidimpuan

Wati, Arni (2011) Hubungan persepsi siswa terhadap pemberian ganjaran dari guru Pendidikan Agama Islam dengan kepribadian siswa di SMKS Kampus Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 310 0004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (525kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan persepsi siswa terhadap pemberian ganjaran dari guru Pendidikan Agama Islam dengan kepribadian siswa di SMKS Kampus Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan persepsi siswa terhadap pemberian ganjaran dari guru Pendidikan Agama Islam dengan kepribadian siswa di SMKS Kampus Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian adalah SMKS Kampus Padangsidimpuan yang terletak di Jalan Sutan Soripada Mulia No. 64 A Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMKS Kampus Padangsidimpuan tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 652 siswa. Sampel ditetapkan sebanyak 65 orang yaitu 10% dari populasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Selanjutnya peneliti menganalisis data dengan analisis statistik dengan menggunakan rumus korelasi product moment sebagai berikut: Berdasarkan hasil pembahasan yang dilaksanakan ditemukan bahwa ada hubungan persepsi siswa terhadap pemberian ganjaran dari guru Pendidikan Agama Islam dengan kepribadian siswa di SMKS Kampus Padangsidimpuan dengan koefisien korelasi sebesar 0,957. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima pada tingkat kepercayaan 95% karena koefisien korelasi (rxy) = 0,957 > rtabel (rt) = 0,244. Artinya semakin baik persepsi siswa terhadap pemberian ganjaran dari guru Pendidikan Agama Islam maka kepribadian siswa pada mata pelajaran Agama Islam juga akan semakin baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Irwan Saleh Dalimunthe, MA dan Dr. Magdalena, M.Ag.
Keywords: Ganjaran; Guru PAI
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 23 Oct 2020 03:24
Last Modified: 23 Oct 2020 03:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5887

Actions (login required)

View Item View Item