Lubis, Dina Aulia (2020) Penggunaan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah operasi hitung bilangan bulat di kelas VII-1 SMP Negeri 1 Panyabungan Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1520200050.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Proses pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Panyabungan selatan menunjukkan masih banyak yang belum mampu menyelesaikan soal-soal, hampir semua pokok bahasan Matematika termasuk pada materi operasi hitung bilangan bulat sehingga mengakibatkan rendahnya pemecahan masalah Matematika siswa. Salah satu faktor yang menyebabkannya adalah proses pembelajaran yang monoton, yang dominan menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab. Salah satu model pembelajaran yang dinilai dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi operasi hitung bilangan bulat adalah model pembelajaran kontekstual, karena dalam model ini siswa diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri Panyabungan Selatan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu unutk mengetahui apakah kemampuan pemecahan dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dalam operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Panyabungan Selatan. Penelitian ini merupakan Jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Panyabungan Selatan dengan subjek penelitian adalah siswa-siswa kelas VII-1 yang berjumlah 30 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistic dengan mencari nilai rata-rata siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima. Bahwa terjadi peningkatan pemecahan masalah Matematika siswa melalui model pembelajaran kontekstual pada pokok bahasan operasi Hitung Bilangan Bulat pada siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Panyabungan Selatan. Hasil tes kemampuan awal menunjukkan 23,33% atau 7 siswa yang tuntas dan yang tidak tuntas 76,67% atau 23 siswa. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata persentase pemecahan masalah Matematika siswa, pada pertemuan ke 1 dan 2 persentase ketuntasan klasikal siswa secara berturut-turut sebesar 46,67% atau 14 siswa dan 66,67% atau 20 siswa. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata persentase pemecahan masalah Matematika siswa, pada pertemuan ke-1 dan ke-2 persentase katuntasan siswa memperoleh hasil 76,67% atau 23 siswa dan 83,33 % atau 25 siswa. Hasil penelitian tersebut telah mencapai harapan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Ahmad Nizar Rangkuti dan Almira Amir |
Keywords: | model pembelajaran kontekstual; kemampuan pemecahan masalah; perasi hitung bilangan bulat |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 02:43 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 02:43 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5869 |
Actions (login required)
View Item |