Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam bertransaksi menggunakan e-commerce (studi kasus pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Islam jurusan ekonomi syariah)

Hadau, Syarifahanna Uria (2016) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam bertransaksi menggunakan e-commerce (studi kasus pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Islam jurusan ekonomi syariah). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 402 00231.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang merasa kurang paham pengoperasian sistem e-commerce. Produk dalam e-commerce sangatlah up to date dan trend. Pengalaman yang baik mengenai transaksi e-commerce akan memberikan dampak yang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kebutuhan fisik, faktor sosial, egoistis dan pengalaman secara parsial maupun simultan terhadap transaksi e-commerce. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan Ilmu Manajemen Pemasaran. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan peneliti yaitu dengan memaparkan teori-teori yang berkaitan dengan kebutuhan fisik, sosial, egoistis dan pengalaman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 89 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel, sumber data yaitu data primer dan sekunder, dan pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angker (kuesioner) dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas), uji hipotesis (uji t, uji f), uji koefisien determinasi (R Squere), uji analisis regresi linier berganda dengan menggunakan statistik SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian pada variabel kebutuhan fisik tidak berpengaruh terhadap transaksi e-commerce dengan nilai thitung<ttabel (1,080 < 1,663), maka Ha1 ditolak. Variabel sosial tidak berpengaruh terhadap transaksi e-commerce dengan nilai thitung>ttabel (1,184 < 1,663), maka Ha1 ditolak. Variabel egoistis berpengaruh terhadap transaksi e-commerce dengan nilai thitung>ttabel (1,999 > 1,663), maka Ha1 diterima. Variabel egoistis berpengaruh terhadap transaksi e-commerce dengan nilai thitung>ttabel (4,819 > 1,663), maka Ha1 diterima. Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa kebutuhan fisik, faktor sosial, egoistis, dan pengalaman mempunyai pengaruh terhadap transaksi e-commerce dengan nilai Fhitung>Ftabel (23, 735 > 2,01), maka Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Arbanur Rasyid dan Aliman Syahuri Zein
Keywords: kebutuhan fisik; sosial; egoistis; pengalaman; transaksi E-commerce
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 20 Oct 2020 04:57
Last Modified: 20 Oct 2020 04:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5817

Actions (login required)

View Item View Item