Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Nilai-nilai pendidikan Islam dari aktivitas i’tikaf Nabi Muhammad SAW

Hasibuan, Mahadir Muhammad (2011) Nilai-nilai pendidikan Islam dari aktivitas i’tikaf Nabi Muhammad SAW. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
04 310 660.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (944kB)

Abstract

Skripsi ini bejudul Nilai-Nilai Pendidikan Islam dari Aktivitas I’tikaf Nabi Muhammad saw. yang melatar belakangi penulis dalam meneliti permasalahan ini bahwa dalam Hadis banyak anjuran dalam pelaksanaan i’tikaf, berbagai persoalan muncul mulai dari pengamalan yang sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad saw., begitu juga dengan nilai apa saja yang terkandung dari aktivitas i’tikaf Nabi muhammad saw., dengan rumusan masalah, bagaimana aktivitas i’tikaf Nabi Muhammad saw.? Apa saja nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dari aktivitas i’tikaf Nabi Muhammad saw.? Dari rumusan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, bagaimana aktivitas i’tikaf Nabi Muhammad saw. Apa saja nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dari aktivitas i’tikaf Nabi Muhammad saw., yang diharapkan bermanfaat menambah pengetahuan dan wawasan bagi penulis mengenai nilai-nilai yang terkandung dari aktivitas i’tikaf Nabi Muhammad saw., menjadi sumbangan pemikiran dan sekaligus bahan kajian bagi peneliti lain mengenai aktivitas i’tikaf dan nilai-nilai yang terkandung dari aktivitas i’tikaf Nabi Muhammad saw. Berkenaan dengan metode yang digunakan dalam penelian ini adalah Content analysis, yaitu kajian isi tentang Hadis-Hadis yang berkaitan dengan pelaksanaan i’tikaf Nabi Muhammad saw. dan buku-buku yang berkaitan, dan menghubungkannya dengan konsep nilai-nilai pendidikan Islam. Hasil yang diperoleh setelah mengikuti proses analisis terhadap Hadis dan bukubuku yang berkaitan, maka ditemukan hasil bahwa aktivitas i’tikaf Nabi saw., dalam pelaksanaanya dibagi ke dalam dua periode, periode Makkah dan periode Madinah, membaca, menghafal dan menulis Alquran didalam pelaksanaannya. Sedangkan nilai pendidikan yang dapat diambil antara lain nilai pendidikan akidah, ibadah, akhlak dan nilai pendidikan sosial. Nilai pendidikan akidah ditandai dengan pendekatan diri kepada Allah, nilai ibadah dengan mentaati apa yang diajarkan oleh Allah dan Nabi Muhammad saw., nilai akhlak yaitu kedisiplinan, kesabaran, keteladanan, dan estetika, sementara nilai sosial i’tikaf adalah meningkatnya sosial masyarakat apabila ibadah ini sungguh-sungguh dikerjakan. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa i’tikaf Nabi Muhammad saw. perlu sekali dipelajari dan diamalkan bagi kaum muslimin dan muslimat agar nilai-nilai Pendidikan Islam yang ada dari aktivitas i’tikaf Nabi tersebut terealisasi dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nurfin Sihotang dan Armyn Hasibuan
Keywords: Hadis; i'tikaf; pendidikan Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2020 02:54
Last Modified: 20 Oct 2020 02:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5800

Actions (login required)

View Item View Item