Lubis, Iqbal Febriansyah (2019) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada doorsmeer Raja Auto Car Center Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
15 402 00037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah Kualitas pelayanan merupakan suatu bentuk penilaian pelanggan terhadap tingkat pelayanan yang diterima dengan tingkat layanan yang diharapkan. Jika yang dirasakan konsumen melebihi dugaannya konsumen akan merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan usaha Doorsmeer Raja Auto Car Center dan begitu juga sebaliknya. Berdasarkan latar belakang masalah, menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Doorsmeer Raja Auto Car Center Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Doorsmeer Raja Auto Car Center Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang manajemen pemasaran. Konsep dan teori yang digunakan adalah yang berkaitan dengan kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan dan hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu angket, dengan jumlah sampel 69 responden. Kemudian data diolah dan dianalisis dengan bantuan SPSS Versi 22.0. uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji regresi sederhana, uji determinasi dan uji t. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antar variabel X (kualitas pelayanan) terhadap variabel Y (kepuasan pelanggan). Hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan hasil koefisien korelasi yang diperoleh 0,274, dengan hubungan antara kedua variabel “rendah”. Dan pada uji t yang menghasilkan sebesar 2,329. Hasil analisis data menunjukkan bahwa > dan < taraf signifikan. artinya dan . Nilai R Square sebesar 0,075 atau 75%. Artinya bahwa variabel kualitas pelayanan mampu menerangkan variabel kepuasan pelanggan sebesar 7,5%, sedangkan 92,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dari hasil perhitungan regresi diperoleh persamaan regresinya Y’ = 27,016 + 0,238X, yang artinya setiap peningkatan kualitas pelayanan (X) sebesar 1 satuan, maka tingkat kepuasan pelanggan (Y) akan meningkat sebesar 0,238 atau 23,8%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa dan Windari |
Keywords: | kualitas pelayanan; kepuasan pelanggan |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 08:13 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 08:13 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5740 |
Actions (login required)
View Item |