Batubara, Nur Asiah (2017) Pengaruh penggunaan software cabri 3D V2 plus terhadap kecerdasan numerik siswa pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) siswa kelas X di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 330 0065.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang pelaksanaan penelitian ini adalah kurangnya kemampuan matematis siswa khususnya kecerdasan numerik. Siswa kesulitan belajar bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) karena kemampuan daya imajinasi yang kurang baik dan sulit membuktikan konsep-konsep bangun ruang sisi datar (kubus dan balok). Salah satu alternatif yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan kecerdasan numerik siswa dalam belajar bangun ruang adalah dengan menggunakan media pembelajaran berbasis komputer yaitu Software Cabri 3D V2 Plus. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan Software Cabri 3D V2 Plus terhadap kecerdasan numerik siswa pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) siswa kelas X di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Ausubel mengenai konsep belajar bermakna, teori Piaget mengenai pengetahuan adalah bentukan diri sesorang (konstruktivisme) dan teori Thurstone tentang kecerdasan numerik seseorang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain pretest-posttest control group. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas X dengan jumlah 359 siswa. Sampel diambil dari populasi dengan acuan cluster random sampling atau sampel acak berkelompok yaitu kelas X1 dengan jumlah 28 orang sebagai kelas kontrol dan kelas X2 dengan jumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen. Instrument pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes yaitu pretest (sebelum diberi perlakuan) dan posttest (setelah diberi perlakuan). Analisis yang digunakan adalah rumus chi-kuadrat, uji kesamaaan varians dan uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung= 3,0125 ttabel = 2,0021 maka H0 ditolak dan sebaliknya Ha diterima. Dengan kata lain, kecerdasan numerik siswa yang diajar melalui Software Cabri 3D V2 Plus lebih baik daripada hasil siswa yang diajar melalui pembelajaran biasa (tanpa Software Cabri 3D V2 Plus). Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh yang Signifikan pada Penggunaan Software Cabri 3D V2 Plus Terhadap Kecerdasan Numerik Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus dan Balok) Siswa Kelas X Di SMA Negeri 3 Padangsidimpun”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Mariam Nasution dan Lis Yulianti Syafrida Siregar |
Keywords: | software cabri 3D V2 plus; kecerdasan numerik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 03:39 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 03:39 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5720 |
Actions (login required)
View Item |