Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh label halal dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen (studi kasus mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan)

Simbolon, Siti Eni Aisyah (2019) Pengaruh label halal dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen (studi kasus mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 402 00001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Setiap konsumen dalam membeli produk mempunyai perilaku yang berbeda-beda. Perilaku berbeda ini menghasilkan perbedaan dalam proses pembelian sehingga banyak faktor yang menjadi pertimbangan bagi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian, di antaranya adalah label halal dan kualitas produk. Rumusan masalahnya, apakah terdapat pengaruh label halal secara parsial terhadap keputusan pembelian mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan, apakah terdapat pengaruh kualitas produk secara parsial terhadap keputusan pembelian mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan, dan apakah terdapat pengaruh label halal dan kualitas produk secara simultan terhadap keputusan pembelian mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh label halal secara parsial terhadap keputusan pembelian mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan, untuk mengetahui pengaruh kualitas produk secara parsial terhadap keputusan pembelian mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan dan untuk mengetahui pengaruh label halal dan kualitas produk secara simultan terhadap keputusan pembelian mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel independennya adalah label halal dan kualitas produk dan variabel dependennya adalah keputusan pembelian konsumen, dimana ketika ada label halal pada kemasan poduk dan kualitas produk yang ditawarkan itu baik, hal ini dapat menjadi faktor melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified sampling. Pengambilan sampel menggunakan teknik slovin. Dianalisis dengan menggunakan program SPSS versi 23 dengan menggunakan metode analisis uji normalitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R Square) dan uji hipotesis (uji t dan uji F). Hasil penelitian ini memiliki nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,258 atau 25,8% artinya variabel label halal dan kualitas produk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen sebesar 25,8%. Sedangkan sisanya 74,2% dijelaskan oleh variabel lain. Kemudian hasil penelitian secara parsial (uji t) menyatakan bahwa, variabel label halal memiliki thitung > ttabel = (3,650 > 1,662) artinya terdapat pengaruh label halal dengan keputusan pembelian konsumen. Sedangkan untuk variabel kualitas produk memiliki thitung > ttabel = (3,379 > 1,662) artinya terdapat pengaruh kualitas produk dengan keputusan pembelian konsumen. Sedangkan dengan cara simultan (uji F) hasilnya terdapat pengaruh label halal dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen yang dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel = (14,913 > 4,88).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ikhwanuddin Harahap, M.Ag dan Aliman Syahuri Zein, MEI
Keywords: Label Halal; Kualitas Produk; Keputusan Pembelian Konsumen
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:25
Last Modified: 15 Oct 2020 02:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5708

Actions (login required)

View Item View Item