Hsb, Marlianto (2017) Pengaruh motivasi orangtua terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas V SD Matondang Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 310 0019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Matondang Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Siswa kelas V SD Matondang adalah yang beragama homogen yaitu Agama Islam. Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SD Matondang masih kurang baik. Misalnya masih ada siswa kelas V SD Matondang belum bisa membaca Al-Qur’an, tidak hapal bacaan Shalat, rukun Iman dan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi orangtua, prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan pengaruh motivasi orangtua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SD Matondang Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Matondang Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas yang terdiri dari I kelas yang berjumlah 32 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata motivasi orangtua 59,5 yaitu pada kategori cukup, nilai rata-rata prestasi belajar Pendidikan Agama Islam 65 yaitu pada kategori cukup dan untuk hasil hipotesa diperoleh taraf signifikansi 5% rhitung = 0,608 > rtabel = 0,361 dan taraf 1% rhitung = 0,608 > rtabel = 0.463. Hubungan motivasi orangtua terhadap prestasi belajar pendidikan Agama Islam siswa kelas V SD Matondang Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas berada pada kategori kuat. Koefisien determinan memberikan Sumbangan sebesar 36,966 % dan sisanya 60,144% ditentukan atau dipengaruhi oleh faktor lain. Uji signifikansi thitung diperoleh thitung = 6,898> ttabel = 1,697 Dari analisis regresi diperoleh persamaan ŷ = 31,541 + 0,565X. Kemudian melalui uji signifikansi F diperoleh 17,605 4,17. Hasil ini menunjukkan “ada pengaruh yang signifikan antara motivasi orangtua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SD Matondang Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas.”
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Lelya Hilda dan Zulhammi |
Keywords: | pendidikan Islam; motivasi orangtua; prestasi |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 01:52 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 01:52 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5699 |
Actions (login required)
View Item |