Nopriani, Nopriani (2012) Pengaruh bimbingan orangtua terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SD No. 100890 Negeri Muaratais. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
07 310 0057.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Permasalahan penelitian bagaimana upaya orangtua memberikan bimbingan kepada anak sehingga anak dapat memperoleh keberhasilan dalam belajar, bagaimana keadaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SD No. 100890 Negeri Muaratais serta apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan orangtua terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SD No.100890 Negeri Muaratais. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang upaya orangtua memberikan bimbingan kepada anak sehingga anak dapat memperoleh keberhasilan dalam belajar, untuk mengetahiu keadaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SD No. 100890 Negeri Muaratais serta untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara bimbingan orangtua terhadap hasil belajar dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SD No. 100890 Negeri Muaratais. Penelitian ini merupakan deskriptif bentuk korelasi. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan penulis melaksakan tehnik angket dan studi dokumen. Instrumen pengumpulan data terdiri dari angket, wawancara, dan studi dokumen. Pengolahan data dilaksanakan secara deskriptif korelasi. Selanjutnya data dianalisa dengan menggunakan rumusan statistik dalam bentuk korelasi product moment dilanjutkan dengan regresi. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil bahwa upaya orangtua memberikan bimbingan kepada anak sehingga anak dapat memperoleh keberhasilan dalam belajar cukup baik, hal ini dapat dilihat dari bentuk bimbingan orangtua seperti pendidikan dengan keteladanan, pendidikan dengan hukuman, perhatian atau pengawasan, menyiapkan sarana dan prasarana belajar, pujian dan hadiah serta teguran. Peneliti melihat yang lebih banyak orangtua memberikan bimbingan kepada anak, yaitu menyiapkan sarana dan prasarana belajar serta memberikan pujian dan hadiah. Terlihat dari tingkat pencapaian responden sebesar 70. Sedangkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam tergolong cukup baik. Hal ini terlihat dari nilai rapor rata- rata sebesar 79. Kemudian pengaruh yang signifikan antara bimbingan orangtua terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SD No. 100890 Negeri Muaratais, yaitu “F” hitung 34 ≥ sedangkan “F” tabel 4,13 sedangkan hubungan bimbingan orangtua terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SD Negeri Muaratais. Sedangkan persamaan regresi yang diperoleh adalah = 68,49+ 0,13x. Berarti ada pengaruh yang signifikan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan hipotesisnya diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan orangtua terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SD No. 100890 Negeri Muaratais.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Risdawati Siregar, S.Ag., M.Pd |
Keywords: | Bimbingan orangtua; Hasil belajar; Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 13 Oct 2020 05:00 |
Last Modified: | 13 Oct 2020 05:00 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5640 |
Actions (login required)
View Item |