Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penerapan peta konsep (concept mapping) terhadap efektifitas proses pembelajaran matematika materi bangun datar siswa kelas VII MTsN Kase Rao-Rao Kecamatan Batang Natal

Yanti, Efrida (2012) Pengaruh penerapan peta konsep (concept mapping) terhadap efektifitas proses pembelajaran matematika materi bangun datar siswa kelas VII MTsN Kase Rao-Rao Kecamatan Batang Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
08 330 0010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran matematika banyak terdapat materi yang cukup rumit dan sering menimbulkan permasalahan tersendiri bagi siswa, hal ini disebabkan kurangnya penguasaan konsep dalam pembelajaran matematika, sehingga kurang kefektifan dalam proses pembelajaran. Suatu kegiatan dikatakan efektif apabila dalam proses pembelajaran itu memungkinkan siswa untuk dapat belajar dengan mudah, menyenangkan dan tercapai tujuan yang diharapkan. Salah satu strategi belajar mengajar bermakna (teori belajar Ausubel) kepada siswa sekaligus untuk meningkatkan efektifitas proses pembelajaran matematika adalah dengan menggunakan peta konsep (consept mapping) sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah ada pengaruh yang signifikan antara penerapan peta konsep (concept mapping) terhadap efektifitas proses pembelajaran matematika materi bangun datar siswa kelas VII MTsN Kase Rao-Rao Kecamatan Batang Natal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Kase Rao-Rao Kecamatan Batang Natal yang berjumlah 124 orang, yang menjadi sampelnya sebanyak 22,5% yang berjumlah 28 orang. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Selanjutnya untuk menjaring data/informasi yang diperlukan penulis menyusun instrumen penelitian tentang kedua variabel. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan rumus korelasi Product Moment bertujuan untuk menguji hipotesis. Dari analisa data diperoleh beberapa temuan yaitu mean penerapan peta konsep adalah 31,14, dengan standar deviasinya 8,07. Juga dapat diketahui hasil dari efektifitas proses pembelajaran dengan mean 32,72 dan standar deviasinya 8,40. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi antara variabel (X) terhadap variabel (Y) diperoleh koefisien korelasinya sebesar 0,979. Kemudian rhitung yang diperoleh dikonsultasikan terhadap rtabel. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan dk = N – 2 = 28 – 2 = 26 adalah 0,388. Maka rhitung = 0,979 > rtabel = 0,388. Hal ini berarti “Ada pengaruh yang signifikan penerapan peta konsep (concept mapping) terhadap efektifitas proses pembelajaran matematika materi bangun datar siswa kelas VII MTsN Kase Rao-Rao Kecamatan Batang Natal” dengan kategori “sangat kuat”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Aswadi Lubis,SE.,M.Si dan Hj.Zulhimma,S.Ag.,M.Pd
Keywords: Peta konsep (concept mapping, Pembelajaran matematika
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 13 Oct 2020 04:49
Last Modified: 13 Oct 2020 04:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5624

Actions (login required)

View Item View Item