Batubara, Khodijah (2012) Pengaruh penerapan model pembelajaran perolehan konsep terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi ajar aljabar kelas VII SMP Negeri I Panyabungan Kota. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
08 330 0018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (10MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri I Panyabungan Kota masih belum maksimal, karena di sekolah tersebut masih dominan menerapkan pembelajaran konvensional, dimana dalam proses pembelajarannya masih berpusat kepada guru, sementara siswanya hanya menerima informasi yang diberikan guru. Sehingga, seringkali siswa tidak mampu menjawab soal yang berbeda dari contoh yang diberikan guru, mereka kebingungan karena tidak tahu harus mulai darimana mengerjakannya. Hal ini dikarenakan siswa hanya mendengar penjelasan guru, mencontoh dan mengerjakan latihan mengikuti pola yang diberikan guru, bukan dikarenakan siswa memahami konsepnya. Berdasarkan latar belakang penelitian di atas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran perolehan konsep terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi ajar Aljabar kelas VII SMP Negeri I Panyabungan Kota. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan model pretest-postest control Group design dengan satu macam perlakuan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan jumlah 227 siswa. Sampel diambil dari populasi dengan acuan cluster sample atau sampel kelompok. Jadi, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 dengan jumlah 25 siswa (kelas eksperimen) dan VII-5 dengan jumlah 24 siswa (kelas kontrol). Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah tes yaitu pretest (sebelum diberi perlakuan) dan posttest (setelah diberi perlakuan). Analisis data yang digunakan adalah rumus Chi-kuadrat, uji kesamaan varians dan uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh hasil uji hipotesis yang menunjukkan . Jadi Ha diterima yaitu rata-rata hasil belajar pada materi ajar Aljabar yang menggunakan model pembelajaran perolehan konsep lebih baik dibanding rata-rata hasil belajar yang tidak menggunakan model pembelajaran perolehan konsep. Sehingga disimpulkan, ada pengaruh positif yang signifikan antara model pembelajaran perolehan konsep terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi ajar Aljabar kelas VII SMP Negeri I Panyabungan Kota.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, MA dan Suparni, S.Si, M.Pd |
Keywords: | Perolehan Konsep; Aljabar |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 09 Oct 2020 03:59 |
Last Modified: | 09 Oct 2020 03:59 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5564 |
Actions (login required)
View Item |