Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlak pada anak Taman Kanak-kanak Adnani Kecamatan Panyabungan Kelurahan Panyabungan II

Agustina, Diana (2017) Upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlak pada anak Taman Kanak-kanak Adnani Kecamatan Panyabungan Kelurahan Panyabungan II. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 310 0008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Adapun latar belakang diangkat judul ini adalah untuk mengetahui apa saja upaya yang dilakukan guru TK Adnani dalam menanamkan nilai-nilai akhlak pada anak didiknya akan tetapi masih ada anak yang tidak mematuhi apa yang di katakan oleh gurunya tersebut. Maka muncullah rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlak yang baik pada anak Taman Kanak-kanak Adnani (TK) Kecamatan Panyabungan Kelurahan Panyabungan II. Dan untuk menggambarkan apa saja upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlak yang baik pada anak taman kanak-kanak (TK) Adnani Kecamatan Panyabungan Kelurahan Panyabungan II. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya yang dilakukan guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlak yang baik pada anak taman kanak-kanak (TK) Adnani Kecamatan Panyabungan Kelurahan Panyabungan II. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu akhlak sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yamg berkaitan dengan akhlak (aspek-aspek) atau bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis data model Miles & Huberman dan instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, observasi, wawancara, serta dokumentasi, selanjutnya dilakukan analisis data dengan tiga cara reduksi data, deskripsi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlak pada anak adalah: pertama, Menanamkan nilai-nilai akhlak melalui ceramah atau bimbingan. Nilai-nilai yang diajaran di antaranaya yaitu : menanamkan keimanan ke dalam pribadi anak mengajarkan anak untuk mengenal Allah Swt dan Rasulnya, mengenal akhlak mulia dan tercela. Kedua, Menanamkan nilai-nilai akhlak kepada anak dengan memberikan contoh yang mudah dipahami anak didik seperti mempraktekkan langsung Ketiga, Menanamkan nilai-nilai akhlak pada anak dengan memerankan diri sebagi teladan yang baik dan memberi kasih sayang, jiwa yang halus, lapang dada, murah hati dan terpuji. Empat, Menanamkan nilai-nilai akhlak pada anak melalui pembiasaan dilakukan yaitu: mengucapkan salam kepada anak didik dan kepada guru lainnya, membaca do’a sebelum memulai pembelajaran dan setelah selesai pelajaran Kelima, Menanamkan nilai-nilai akhlak pada anak dengan melakukan kerjasama dengan orang tua yaitu:. guru melakukan kerjasama dengan orang tua untuk mengarahkan Guru dan orang tua dapat kesepakaan apabila anak membuat kesalahan maka guru tidak akan segan-segan memberikan hukuman atau nasehat kepada anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Anhar dan Hamka
Keywords: Akhlak; taman kanak-kanak; guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2020 04:40
Last Modified: 06 Oct 2020 04:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5506

Actions (login required)

View Item View Item