Matondang, Nurmala (2017) Pengaruh disiplin kerja terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Sayur Matinggi Kecamatan Sayur Matinggi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 230 0070.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Sumber daya manusia memiliki posisi sangat strategis dalam organisasi, artinya unsur manusia memegang peranan penting dalam melakukan aktivitas untuk mencapai tujuan. Untuk itulah eksistensi sumber daya manusia dalam organisasi sangat kuat. Manusia selalu berperan aktif dan dominan dalam setiap kegiatan organisasi karena manusia menjadi perencana, pelaku, dan penentu terwujudnya tujuan organisasi. Oleh karena itu, puskesmas harus memberikan kesan yang baik dimata pasien, dimana puskesmas memiliki disiplin kerja yang baik sehingga memberikan kepuasan kepada pasien. Pasien tentunya ingin mendapatkan produk dan jasa untuk memberikan kepuasan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “apakah ada pengaruh disiplin kerja terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Sayur Matinggi Kecamatan Sayur Matinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah disiplin kerja berpengaruh terha dap kepuasan pasien. Penelitian ini berguna untuk menambah pengetahuan dan pengalaman peneliti dalam menetapkan teori-teori yang diperoleh dibangku kuliah. Pendekatan yang dilakukan adalah teori yang berkaitan dengan disiplin kerja dan kepuasan pasien. Disiplin kerja kesadaran dan kesediaan menaati semua peraturan perusahaan maupun instansi dan norma-norma sosial yang berlaku. Sedangkan kepuasan pasien adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesannya terhadap kinerja suatu produk atau jasa dan harapan-harapannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif yaitu data yang diukur dalam suatu skala numerik (angka). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Kemudian dianalisis dengan bantuan SPSS Versi 22,0. Uji yang digunakan untuk membuktikan hipotesis penelitian adalah analisis regresi linier sederhana, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, koefisien determinasi dan uji t. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan (Ha diterima) dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel = 4.645 > 1.660. Kemudian dari perhitungan koefisien determinasi sebesar 0.180 yang artinya sebesar 18% menunjukkan variabel disiplin kerja berpengaruh terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Sayur Matinggi Kecamatan Sayur Matinggi, sedangkan sisanya 82% dipengaruhi faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ikhwanuddin Harahap, M.Ag dan Ja'far Nasution, M.E.I |
Keywords: | Disiplin kerja; Kepuasan pasien |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 05 Oct 2020 09:28 |
Last Modified: | 05 Oct 2020 09:28 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5478 |
Actions (login required)
View Item |