Aslinda, Yenti (2017) Evaluasi pemanfaatan alat permainan dalam perkembangan kecerdasan anak di RA Al-Qur’an Dina Padangmatinggi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 310 0044.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan alat permainan dalam perkembangan kecerdasan anak di RA Al-Qur’an Dina Padangmatinggi, apasaja manfaat alat permainan dalam perkembangan kecerdasan anak di RA Al-Qur’an Dina Padangmatinggi, apasaja kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan permainan dalam perkembangan kecerdasan anak di RA Al-Qur’an Dina Padangmatinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi pemanfaatan alat permainan dalam perkembangan kecerdasan anak di RA Al-Qur’an Dina Padangmatinggi, Untuk mengetahui manfaat alat permainan dalam perkembangan kecerdasan anak di RA Al- Qur’an Dina Padangmatinggi, Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan permainan dalam perkembangan kecerdasan anak di RA Al-Qur’an Dina Padangmatinggi. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian kualitatif deskriptif adalah proses penelitian untuk menghasilkan data, deskriptif yaitu penjelasan baik tertulis maupun tidak, yaitu dari orang-orang atau pelaku yang diteliti. Adapun responden penelitian ini berjumlah 5 orang yakni guru di RA Al-Qur’an Dina Padangmatinggi. Setelah penelitian ini dilakukan terlihat bahwa Evaluasi pemanfaatan alat permainan dalam perkembangan kecerdasan anak di RA Al-Qur’an Dina Padangmatinggi tergolong efektif dan efesien karena guru memberikan alat permainan terhadap anak, mengarahkan anak, mempraktekkan, serta menjelaskan kepada anak tentang alat permainan yang digunakan saat bermain, dan manfaat alat permainan terhadap anak. Adapun manfaat alat permainan terhadap kecerdasan anak, yaitu: dapat mempengaruhi perkembangan fisik anak, dapat mempengaruhi kecerdasan intelektual anak, dapat membantu munculnya rasa social bagi anak, dapat mempengaruhi perkembangan kreativitas anak. Adapun saran-saran dalam penelitian ini, yaitu: Kepada ibu (Saudani Hsb S.Pd, MM) sebagai kepala RA Al-Qur’an Dina Padangmatinggi agar memberikan saran kepada guru supaya mempergunakan alat permainan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kecerdasan anak, kepada guru-guru RA agar banyak memberikan macam-macam alat permainan terhadap anak didik supaya terjalinnya interaksi antara anak didik dengan guru, kepada Para anak didik diharapkan supaya menggunakan alat permainan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Replita dan Risdawati Siregar |
Keywords: | Alat permainan; perkembangan kecerdasan anak |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 05 Oct 2020 04:38 |
Last Modified: | 05 Oct 2020 04:38 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5468 |
Actions (login required)
View Item |