Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Konsep pendidikan anak usia dini menurut persfektif pendidikan Islam

Dafiq, Muhammad (2017) Konsep pendidikan anak usia dini menurut persfektif pendidikan Islam. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 310 0154.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Persfektif Pendidikan Islam”. Yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah realita dalam kehidupan sehari-hari begitu memperihatinkan baik itu aqidah, ibadah dan akhlak seorang anak. Masalah yang terdapat adalah ketika orang tua tak mempedulikan seorang anak maka akan celaka, sengsara, seperti hewan dan terbiasa pada kejahatan. Adapun rumusan masalahnya bagaimana konsep Islam pada anak usia dini, adapun penelitian ini bertujuan mengetahui seperti apa konsep PAUD menurut pandangan Islam. Pembahasan tentang Pendidikan Anak Usia Dini batas awal pendidikan Islam seorang anak mulai dapat dididik detelah mulai berusia 4 tahun. Adapun komponenkomponen PAUD yaitu: tujuan, pendidik, peserta didik, materi, metode dan situasi lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif library reseach dalam menganalisis data yang telah terkumpul dengan tehnik deskriptif analitik. Dengan metode berpikir deduktif dari pengetahuan umum menuju hal-hal bersipat khusus. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan konsep pendidikan Islami yaitu tentang bagaimana konsep pendidikan anak usia dini menurut persfektif pendidikan Islam. Tujuan penulisan skripsi ini adalah ingin mengetahui konsep Pendidikan anak usia dini.Data yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah data yang bersifat primer maupun sekunder. Sumber primer adalah data yang diperoleh dari sumber inti. Data sekunder adalah data yang diperoleh dari sumber-sumber lain yang masih berkaitan dengan masalah penelitian, dan memberi interpretasi terhadap sumber primer. Sumber data sekunder dapat berupa kitab-kitabmaupun buku-buku bacaan yang masih relevan dengan pembahasan tulisan ini. Dalam menyusun penelitian ini, penulis menggunakan metode library research. Library research adalah penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan), baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian terdahulu. Metode yang digunakan dalam metode Deduktif berpikir dari suatu kesimpulan yang dimulai dari pernyataan umum menuju pernyataan khusus dengan menggunakan penalaranatau berpikir rasional. Setelah dilakukan pengkajian dapat diambil kesimpulan adalah nilai keimanan, akhlak, dan ibadah harus ditanamkan kepada anak didik agar tercapai tujuan pendidikan ysaitu mengabdi dan beribadah kepada Allah SWT untuk menjadi dasar seorang anak dalam memasuki dunia pendidikan formal dan Secara singkat menjadi pribadi muslim yang sempurna,mati dalam keadaan bertaqwa kepada Allah SWT. sudah sepantasnya bagi orang tua untuk memperhatikan masalah pendidikan anaknya dengan sebaiknya-baiknya agar bisa memperoleh pendidikan suatu kebahagiaan dunia dan akhirat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Zulhimma dan Abdul Sattar Daulay
Keywords: Pendidikan anak usia dini; konsep pendidikan; pendidikan Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:00
Last Modified: 05 Oct 2020 04:00
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5463

Actions (login required)

View Item View Item