Parlindungan, M. Raja (2017) Pengaruh brand image (citra merek) dan harga produk terhadap loyalitas pelangan PT. Maxxis Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 230 0143.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah jumlah penjualan PT. Maxxis Cabang Padangsdimpuan mengalami penurunan dari Tahun 2013 sampai dengan Tahun 2015, kemudian pelanggan PT. Maxxis Cabang Padangsdimpuan mengalami penurunan dari Tahun 2013 sampai dengan Tahun 2015. Rumusan masalah penelitian adalah apakah ada pengaruh secara parsial maupun secara simultan antara variabel brand image (citra merek) dan harga produk terhadap loyalitas pelanggan ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh secara parsial maupun secara simultan antara variabel brand image (citra merek) dan harga produk terhadap loyalitas pelanggan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan citra merek, harga produk dan loyalitas pelanggan. Sehubung dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan loyalitas pelanggan sebagai aspek atau bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dengan jumlah sampel 88 pelanggan. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t dan uji f), dan uji koefisien determinasi R2. Dengan menggunakan program SPSS Versi 22.0. diperoleh hasil pengukuran regresi dengan persamaan Y = 8,035 + 0,557 X1 + 0,647 X2 + e dan data R square sebesar 0,213 hal ini berarti 21,3% variabel brand image (citra merek) dan harga produk mampu menerangkan variabel loyalitas pelanggan PT. Maxxis cabang Padangsidimpuan, sedangkan sisanya sebesar 78,7% diterangkan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam model ini (tidak diteliti). Hasil penelitian secara parsial (uji t) menyatakan bahwa, brand image (citra merek) memiliki thitung > ttabel dan tingkat signifikansi < α (4,432 > 1,988 dan 0,000 < 0,05) artinya brand image (citra merek) memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Harga produk memiliki thitung > ttabel (2,064 > 1,988) tingkat signifikansi < α (0,042 < 0,05) artinya harga produk memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil penelitian secara simultan (uji F) menyatakan bahwa brand image (citra merek) dan harga produk memiliki Fhitung > Ftabel (12,772 > 3,10) dan tingkat signifikansi yang diperoleh 0,000 < α (0,05) artinya brand image (citra merek) dan harga produk secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Budi Gautama Siregar dan Utari Evy Cahyani |
Keywords: | brand image (citra merek); harga produk; loyalitas pelanggan |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 29 Sep 2020 02:24 |
Last Modified: | 29 Sep 2020 02:24 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5380 |
Actions (login required)
View Item |