Pulungan, Novita Sari (2017) Pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba bersih pada PT Mayora Indah tbk. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 230 0161.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
PT Mayora Indah Tbk adalah salah satu kelompok bisnis di Indonesia, yang didirikan pada tanggal 17 Februari 1977, tentunya target utama perusahaan ini adalah menciptakan laba semaksimal mungkin. Laba PT Mayora Indah Tbk mengalami fluktuasi dari tahun 2008-2015 triwulan I-IV. Faktor yang mempengaruhi laba adalah biaya, baik biaya produksi maupun non produksi seperti biaya promosi. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba bersih PT Mayora Indah Tbk. Dan tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba bersih PT Mayora Indah Tbk. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu akuntansi keuangan. Dalam hal ini, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan akuntansi keuangan khususnya dalam fokus ilmu akuntansi biaya dan manajemen keuangan, dimana nantinya akan dibahas mengenai biaya-biaya yang terdapat dalam perusahaan dan pengaruhnya terhadap laba perusahaan tersebut. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan jenis penelitian kausal komparatif. Sampel penelitian ini adalah penelitian populasi. Pengambilan sampel dengan metode non probability sampling dengan menggunakan quota sampling. Sumber data dari laporan keuangan PT Mayora Indah Tbk yang dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia dengan alamat website www.idx.co.id. Kemudian diolah dengan menggunakan bantuan software SPSS berdasarkan uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heterokedastisitas, analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinansi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba PT Mayora Indah Tbk. Hal tersebut dibuktikan dengan Fhitung (98,966) > Ftabel (3,328) artinya H0 ditolak. Untuk uji t biaya produksi tidak ada pengaruh biaya produksi terhadap laba dibuktikan dengan Thitung (-1,427) < Ttabel (2,045), artinya H1 ditolak. Sedangkan uji t biaya promosi terdapat pengaruh biaya promosi terhadap laba dibuktikan dengan Thitung (8,421) > Ttabel (2,045), artinya H2 diterima. Pada Uji Determinansi (R2) sebesar 87,2% dan 12,8% lagi dipengaruhi faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Untuk persamaan regresi jika biaya produksi dan biaya promosi adalah 0, maka laba yang diperoleh senilai 42931086.85. Jika biaya produksi naik sebesar 1% maka laba akan berkurang sebesar 1,9%. Kemudian jika biaya promosi mengalami kenaikan sebesar 1% maka laba akan mengalami kenaikan sebesar 90,5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Abdul Nasser Hasibuan, SE., M.Si dan Jumi Atika, M.E.I |
Keywords: | Laba; Biaya Produksi; Biaya Promosi |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 29 Sep 2020 03:00 |
Last Modified: | 29 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5365 |
Actions (login required)
View Item |