Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode Team Accelerated Instruction (TAI) dalam meningkatkan pemahaman konsep pokok bahasan pecahan siswa kelas VII-1 MTs Negeri Sipirok

Harahap, Sri Agustina (2014) Penerapan metode Team Accelerated Instruction (TAI) dalam meningkatkan pemahaman konsep pokok bahasan pecahan siswa kelas VII-1 MTs Negeri Sipirok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0114.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Belajar matematika pada dasarnya adalah belajar konsep. Selama ini siswa cenderung menghapal konsep matematika tanpa memahaminya, dengan demikian pembelajaran matematika di sekolah merupakan masalah. Dengan Penerapan metode Team Accelerated Instruction (TAI) untuk meningkatkan pemahaman konsep pokok bahasaan pecahan siswa kelas VII-1 MTs Negeri Sipirok, diharapkan bisa menjadi solusi dari masalah ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan metode Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pokok bahasan pecahan di kelas VII-1 MTs Negeri Sipirok. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yaitu dengan menggunakan tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dengan menggunakan beberapa siklus, sehingga pada setiap siklus dapat dilihat letak peningkatan pemahaman konsep belajar siswa. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Peningkatan Pemahaman Konsep Pada Pokok Bahasan Pecahan siswa kelas VII-1 MTs Negeri Sipirok meningkat. Hal ini dapat dilihat adanya peningkatan dari setiap siklus. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa mencapai 67,58%, sedangkan pada siklus II mencapai 90,5%. Pada Siklus I rata-rata aktivitas siswa mencapai 65,55% sedangkan pada siklus II mencapai 88,33%. Dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan model Team Accelerated Instruction (TAI) sangat baik. Jadi, dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pokok bahasan pecahan di kelas VII-1 MTs Negeri Sipirok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Samsuddin, M.Ag dan Almira Amir, M.Si
Keywords: Metode Team Accelerated Instruction (TAI); Pemahaman konsep: Pecahan
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 28 Sep 2020 08:25
Last Modified: 28 Sep 2020 08:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5351

Actions (login required)

View Item View Item