Hasibuan, Sahrina Efriani (2014) Hubungan pemahaman bangun datar dengan hasil belajar bangun ruang di kelas VIII MTs N 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 330 0112.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Pemahaman sebahagian siswa terhadap materi bangun datar masih kurang, hasil belajar bangun ruang siswa juga masih kurang atau belum maksimal, dan masih ada juga ditemukan siswa yang belum mampu menghubungkan pemahaman materi bangun datar dengan hasil belajar bangun ruang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi bangun datar dikelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan, untuk mengetahui hasil belajar bangun ruang dikelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan, dan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan pemahaman materi bangun datar dengan hasil belajar bangun ruang di kelas VIII MTsN 2 Padangdimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan korelasi. Intrumen yang digunakan untuk kedua variabel adalah tes objektif bentuk pilihan ganda dengan empat alternative jawaban. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan yang berjumlah 149. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII MTs N 2 Padangsidimpuan yang terdiri dari 4 kelas dengan populasi 149 orang. Kemudian pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling (pengambilan secara acak) dimana setiap populasi memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sampel. Sampel penelitian diperoleh dari dari tiap populasi kelas, maka diperoleh sampel sebanyak 30 orang. Pengumpulan data yang diperoleh dianalisis dengan dua tahap. Tahap pertama, analisis deskriptif yang bertujuan memberikan gambaran secara singkat, teratur dan jelas mengenai mean, median, modus, distribusi frekuensi dan histogram dari variabel-variabel penelitian. Sedangkan tahap kedua dengan menggunakan rumus product moment (untuk mengetahui besarnya hubungan variabel X terhadap variabel Y) pada interval kepercayaan 95% serta rumus uji t (untuk uji signifikansi variabel penelitian) pada taraf signifikansi 5%. Dari perhitungan variabel pemahaman bangun datar (variabel X) diperoleh rata-rata sebesar 70,3 hasil ini dikategorikan “Baik”, dan nilai rata-rata hasil belajar bangun ruang sebesar 70,72 yang juga dikategorikan “Baik”. Dengan uji hipotesis menggunakan uji-t. Dari perhitungan tersebut diperoleh thitung = 11,869, sedangkan ttabel = 2,048. Jadi t hitung > t tabel yaitu 11,869 > 2,048, artinya hipotesis diterima, Maksudnya terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman bagun datar dengan hasil belajar bangun ruangdi kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Aswadi Lubis, S.E., M.Si dan Mariam Nasution, M.Pd |
Keywords: | Bangun datar; Hasil belajar; Bangun ruang |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 28 Sep 2020 07:46 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 07:46 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5349 |
Actions (login required)
View Item |