Nasution, Nur Hamidah (2012) Pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar relasi dan fungsi dalam pembelajaran matematika kelas VIII di SMPN 1 Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
073300022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (15MB) |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan di SMPN 1 Panyabungan diketahui rata – rata hasil belajar matematika siswa kurang memuaskan, ini disebabkan oleh seorang guru hanya terfokus mengejar silabus tanpa memperhatikan proses untuk memperoleh hasil. Selain itu guru hanya menerangkan pelajaran tanpa melibatkan siswa di dalamnya dan tidak melihat metode yang tepat untuk materi yang akan disampaikan kepada siswa. Belajar bukan hanya dilaksanakan di bangku sekolah, melainkan belajar bisa dilaksanakan dimana pun kita berada, misalnya belajar di luar kelas, di perpustakaan dan di rumah. Metode resitasi adalah cara interaksi belajar mengajar dengan cara memberikan tugas – tugas kepada siswa untuk dikerjakan di sekolah, luar sekolah maupun di rumah secara berkelompok atau perorangan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII yang berjumlaj 229 orang dan sampel penelitian ini adalah populasi itu sendiri yaitu berjumlah 64 orang yang terdiri dari 2 kelas. Instrumen penelitian data yang digunakan adalah pretest dan posttest, sedangkan teknik analisis instrumen yang digunakan yaitu validitas, taraf kesukaran, daya pembeda dan reliabilitas soal. Kemudian teknik analisis datanya yaitu menggunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan rata- rata dan uji-t. Setelah adanya teknik analisis instrumen dari hasil perhitungan r11 ditentukan bila r11 > rtabel dengan taraf signifikan 5% dan hasil menunjukkan 0,654 > 0,361 ternyata tes yang diberikan reliabel. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh thitung = 4,108 dan ttabel = 1,67 (4,108 > 1,67). Jadi Ha diterima yaitu rata – rata skor hasil belajar relasi dan fungsi matematika siswa dengan pembelajaran resitasi lebih tinggi dari pada rata – rata hasil belajar relasi dan fungsi matematika dengan pembelajaran yang tidak menggunakan resitasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar relasi dan fungsi dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII di SMPN 1 Panyabungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr.Lelya Hilda M.S.i dan Mariam Nasution M.Pd |
Keywords: | Matematika., Metode Resitasi |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 28 Sep 2020 06:30 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 06:30 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5330 |
Actions (login required)
View Item |