Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Hotel Natama Syariah Padangsidimpuan

Hasibuan, Mastira Romaito (2017) Pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Hotel Natama Syariah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 230 0106.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dimana dari tahun 2011 sampai tahun 2014 jumlah pelanggan atau tamu yang datang semakin berkurang. Hal ini sangat mungkin terjadi disebabkan karena pelayanan yang belum optimal untuk mencapai kepuasan dari pelanggan atau calon pelanggan. Berdasarkan latar belakang masalah, yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian adalah “Apakah pelayanan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Hotel Natama Syariah Padangsidimpuan. Berdasarkan rumusan masalah penelitian tersebut, maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Hotel Natama Syariah Padangsidimpuan. Penelitian ini bekaitan dengan bidang ilmu manajemen. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pelayanan. Hal ini sesuai dengan teori penelitian yang dilakukan Dabholkar et. al dalam buku Tjiptono menyatakan bahwa kualitas jasa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Cronin dan Taylor juga menemukan adanya hubungan yang kuat dan positif antara kualitas layanan dan kepuasan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu kuesioner, dengan jumlah sampel 100 responden yang diambil dari populasi 51.622 responden. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan metode regresi linear sederhana menggunakan alat bantu SPSS 21 for windows. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Hotel Natama Syariah Padangsidimpuan. Berdasarkan penelitian ini pengaruh yang terjadi cukup besar yaitu 73,4%. Hal ini terlihat dari nilai R2 = 0,734. Korelasi yang terjadi antara variabel pelayanan(X) dan kepuasan pelanggan (Y) adalah termasuk sangat tinggiyang dibuktikan dengan r = 0,734. Hubungan yang terjadi adalah hubungan yang positif. Hal ini terlihat dari persamaan regresi Y= 17,421 + 0,663X.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rosnani Siregar,M.Ag dan Aliman Syahuri Zein,M.E.I
Keywords: Pelayanan, Kepuasan, Pelanggan, Hotel Natama Syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 07 Oct 2020 14:11
Last Modified: 07 Oct 2020 14:11
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5315

Actions (login required)

View Item View Item