Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kegiatan keagamaan terhadap hasil belajar pendidikan agama islam di SPMA Negeri Tapanuli Selatan

Matondang, Rodiah Annisa (2010) Pengaruh kegiatan keagamaan terhadap hasil belajar pendidikan agama islam di SPMA Negeri Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
05310861.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Yaitu suatu pembahasan tentang kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dan pengaruhnya terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SPMA Negeri Tapanuli Selatan. Dengan demikian masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah apakah ada pengaruh kegiatan keagamaan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SPMA Negeri Tapanuli Selatan. Sejalan dengan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kegiatan keagamaan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SPMA Negeri Tapanuli Selatan . Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dan bertujuan untuk verifikasi, populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X, XI, dan kelas XII sebanyak 365 orang, di mana kelas XII tidak dapat dijadikan sebagai sampel, karena siswa/siswi kelas XII sudah dalam menghadapi ujian akhir sekolah, yang menjadi sampel penelitian kelas X dan XI yang berjumlah 36 orang. Teknik random sampling yang dipakai yaitu pengambilan sampel secara bercampur. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilaksanakan riset di lapangan, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Pengolahan data dilaksanakan secara kuantitatif. Selanjutnya dilakukan analisa data dengan menggunakan rumus statistik dalam bentuk korelasi product moment, persamaan regresi linier sederhana dan dilanjutkan uji signifikansi. Hipotesis yang berbunyi apakah ada pengaruh kegiatan keagamaan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SPMA Negeri Tapanuli Selatan dengan melihat tabel berdasarkan jumlah sampel 36 pada taraf signifikansi 5% ditemukan rtabel sebesar 0,329 dan pada taraf signifikansi 1% ditemukan rtabel sebesar 0,424. Maka rxy = -0,127 > dari rtabel = 0,329 ditolak, dengan koefisien korelasi -0,127. Dari persamaan regresi linier sederhana diperoleh Ŷ = 74,303 + (-0,137)X serta dilakukan uji signifikansi yang dibuktikan berdasarkan perhitungan yang diperoleh dari nilai Fhitung = 0,577, dimana nilai tersebut lebih besar dari nilai Ftabel untuk interval kepercayaan 5% sebesar 4,11 dan untuk interval kepercayaan 1% sebesar 7,39. Artinya tidak ada pengaruh kegiatan keagamaan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SPMA Negeri Tapanuli Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Hj. Tatra Herawati Daulae M.pd dan Magdalena M.Ag
Keywords: Pendidikan Agama Islam., Kegiatan Keagamaan
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 24 Sep 2020 04:43
Last Modified: 24 Sep 2020 04:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5270

Actions (login required)

View Item View Item