Siregar, Nur cahaya (2013) Problematika pembelajaran Al-Qur’an bagi anak di Desa Ganal Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
083100155.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana Pembelajaran Al- Qur’an bagi anak di Desa Ganal Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. Apa saja yang problematika yang ditemukan Guru mengaji saat pembelajaran, dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Bagi Anak di Desa Ganal Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. Berdasarkan masalah yang diteliti, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pembelajaran Al-Qur’an Bagi Anak di Desa Ganal Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. Problematika yang ditemukan guru saat Pembelajaran Al-Qur’an, dan upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran Al-Qur’an bagi anak di Desa Ganal. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Ganal Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas yang sumber datanya adalah anak-anak mengaji, guru-guru mengaji, aparat pemerintah desa, tokoh Agama dan masyarakata desa ganal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan secara sistematis fakta dan objek yang diteliti sesuai dengan apa adanya. Instrument pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan observasi. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Bagi Anak di Desa Ganal Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas tergolong kurang. yaitu anak masih kurang mampu membaca Al-Qur’an sesuai dengan makhraj, menerapkan tajwid, membedakan huruh-huruf hijaiyah yang hampir mirip cara membacanya. Dimana pembelajaran Al-Qur’an ini dilakukan pada malam hari sehabis shalat maghrib yang bertempat di mesjid di Desa Ganal. Sedangkan problematika yang dihadapi guru mengaji dalam Pembelajaran Al-Qur’an adalah waktu belajar terlalu singkat, fasilitas belajar kurang, orangtua kurang mendukung setelah pulang dari pengajian. Perhatian anak kurang terpusat pada kegiatan belajar. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Bagi Anak di Desa Ganal adalah mengaktifkan tutor sebaya, yaitu anak yang lebih mengajar temannya yang bacaannya kurang baik, dan melakukan kerjasama dengan orangtua (anak-anak mengaji) aparat pemerintah desa dan tokoh agama/masyarakat untuk menyediakan fasilitas yang dibutuhkan misalnya papan tulis dan alat tulis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Armyn Hasibuan M.Ag dan Muhlison M.Ag |
Keywords: | Agama Islam., Problematika Pembelajaran Al-Qur’an |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 13 EDUCATION > 1301 Education Systems 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 24 Sep 2020 02:58 |
Last Modified: | 24 Sep 2020 02:58 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5256 |
Actions (login required)
View Item |