Sari, Rukiah Purnama (2013) Pengaruh penerapan model pembelajaran Team Games Turnament (TGT) terhadap kreativitas belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMPN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
08 330 0035.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran matematika, guru tidak cukup terfokus pada satu model saja, guru perlu mencoba menerapkan berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan materi guna meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa. Dalam hal ini, kreativitas belajar matematika siswa masih tergolong rendah sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Hal ini merupakan masalah yang timbul dalam proses pembelajaran. Meningkatnya kreativitas belajar matematika siswa akan memberikan peningkatan terhadap hasil belajar siswa juga. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa adalah dengan penerapan model pembelajaran Team Games Turnamen (TGT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran TGT terhadap kreativitas belajar matematika pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMPN 2 Padangsidimpuan. Hipotesis penelitian ini adalah “Terdapat pengaruh yang signifikan antara Penerapan model pembelajaran TGT terhadap kreativitas belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMPN 2 Padangsidimpuan. Untuk mengetahui hasil penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan metode penelitian deskriptif dengan teknik analisis statistic korelasi product moment . Selanjutnya lokasi penelitian adalah SMPN2 Padangsidimpuan. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-2 SMPN 2 Padangsidimpuan yang berjumlah 32 orang. Berdasarkan penelitian di atas ditemukan bahwa: terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran TGT terhadap kreativitas belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMPN 2 Padangsidimpuan sebesar 0,6218. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis berbunyi “ada terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran TGT terhadap kreativitas belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMPN 2 Padangsidimpuan” diterima pada taraf signifikan 5% karena thitung = 4,348 > ttabel = 2,042 artinya semakin baik model pembelajaran yang digunakan maka kreativitas matematika siswa semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Suparni, S.Si., M.Pd |
Keywords: | Model Team Games Turnament (TGT); Kreativitas belajar matematika |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 24 Sep 2020 01:56 |
Last Modified: | 24 Sep 2020 01:56 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5247 |
Actions (login required)
View Item |