Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode proyek dalam meningkatkan aspek psikomotrik anak didik pada pokok bahasan bangun data siswa kelas II A SD Negeri 200508 Padangsidimpuan

Tambunan, Eva Riafni Dinata (2013) Penerapan metode proyek dalam meningkatkan aspek psikomotrik anak didik pada pokok bahasan bangun data siswa kelas II A SD Negeri 200508 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
08 330 0058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode proyek dapat meningkatkan aspek psikomotorik anak didik pada pokok bahasan bangun datar siswa Kelas II A SD Negeri 200508 Padangsidimpuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode proyek dalam meningkatkan aspek psikomotorik anak didik pada pokok bahasan bangun datar siswa kelas II A SD Negeri 200508 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan di kelas II A dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang, yang terdiri dari 11 siswa lakilaki dan 15 orang siswa perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Dalam penelitian ini peneliti bertugas sebagai guru sekaligus sebagai observer. Untuk mengetahui peningkatan aspek psikomotrik anak didik maka instrument yang digunakan yakni observasi aktivitas dan tes hasil belajar siswa. Aktivitas yang diamati sebanyak 6 butir yakni: (1) aktivitas perhatian; (2) aktivitas bertanya; (3) aktivitas menjawab (4) aktivitas berdiskusi; (5) aktivitas mengenal unsur-unsur bangun datar dan (6) aktivitas meniru. Sedangkan untuk tes hasil belajar siswa berbentuk uraian sebanyak 3 butir. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa aspek psikomotorik anak didik pada pokok bahasan bangun datar meningkat melalui metode proyek. Ini dapat dilihat dari aktivitas dan nilai siswa sebelum siklus dan setelah siklus. Setelah siklus aspek psikomotorik anak didik jauh meningkat. Pada aktivitas belajar siswa diperoleh (1) aktivitas perhatian pada pertemuan ke-I sebesar 83%, pertemuan ke-II sebesar 80%, pertemuan ke-III sebesar 81% dan pertemuan ke-IV sebesar 91%; (2) aktivitas bertanya pada pertemuan ke-I sebesar 74%, pertemuan ke-II sebesar 72%, pertemuan ke-III sebesar 73%, dan pertemuan ke-IV sebesar 83%; (3) aktivitas menjawab pada pertemuan ke-I sebesar 74%, pertemuan ke-II sebesar 68%, pertemuan ke-III sebesar 81%, pertemuan ke-IV sebesar 83% (4) aktivitas berdiskusi pada pertemuan ke-I sebesar 91%, pertemuan ke-II sebesar 92%, pertemuan ke-III sebesar 88%, dan pertemuan ke-IV sebesar 96%; (5) aktivitas mengenal unsur-unsur bangun datar pada pertemuan ke-I sebesar 61%, pertemuan ke-II sebesar 80%, pertemuan ke-III sebesar 92%, pertemuan ke-IV sebesar 100% (6) aktivitas meniru pada pertemuan ke-I sebesar 57%, pertemuan ke-II sebesar 56%, pertemuan ke-III sebesar 73%, pertemuan ke-IV sebesar 87%. Sedangkan hasil dari lembar tes siswa diperoleh pada kemampuan awal 63,91% (11 orang), pada siklus I pertemuan ke-I 69,48% (14 orang), pertemuan ke-II 74% (13 orang). Siklus II pertemuan ke-I meningkat menjadi 86,54% (22 orang), pertemuan ke-II 89,57 (20 orang). Jadi peneliti dapat menyimpulkan bahwa peningkatan aspek psikomotrorik anak didik pada pokok bahasan bangun datar melalui metode proyek adalah memuaskan dan penelitian ini dapat dihentikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Darwis Dasopang dan Almira Amir
Keywords: metode proyek; aspek psikomotrik; pokok bahasan bangun data
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 24 Sep 2020 01:21
Last Modified: 24 Sep 2020 01:21
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5239

Actions (login required)

View Item View Item