Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pendekatan realistik terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang di kelas VIII SMP N 1 Padangsidimpuan

Siregar, Ernita (2013) Pengaruh pendekatan realistik terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang di kelas VIII SMP N 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
08 330 0057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam bidang studi matematika, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika khususnya materi bangun ruang. Hal ini disebabakan karena guru tidak mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari atau kehidupan nyata. Oleh karena itu perlu merubah pendekatan pembelajaran yang selama ini diterapakan. Salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan pendekatan realistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan realistik terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang di kelas VIII SMP N 1 Padangsidimpuan. Metode penelitian ini adalah metode eksprimen dengan menggunakan classical experimental design (satu kelompok eksprimen–satu kelompok pembanding). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang terdiri dari 12 ruangan dan berjumlah 250 siswa. Adapun sampel pada penelitian ini diambil dari dua kelas, yaitu siswa kelas VIII11 sebagai kelas eksprimen berjumlah 20 orang dan siswa kelas VIII12 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 18 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes berbentuk pilihan ganda (multiple choice). Sedangkan teknik analisis instrumen yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan dua rata-rata dan uji-t. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung = 7,21 dan ttabel = 1,68. Karena thitung > ttabel (7,21 > 1,68), maka Ha diterima yaitu bahwa rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan realistik lebih baik daripada rata-rata hasil belajar siswa tanpa menggunakan pendekatan realistik pada materi bangun ruang di kelas VIII SMP N 1 Padangsidimpuan. Sehingga dapat disimpulkan Terdapat Pengaruh Pendekatan Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Di Kelas VIII SMP N 1 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Thamrin Nasution dan Mariam Nasution
Keywords: pendekatan realistik; materi bangun ruang
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 24 Sep 2020 01:15
Last Modified: 24 Sep 2020 01:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5238

Actions (login required)

View Item View Item