Siregar, Marni (2013) Strategi guru dalam meningkatan hasil belajar Qur’an Hadiś santri Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darut Tauhid Jambur Kecamatan Panyabungan Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
093100144.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Yang menjadi permasalahan dalam penelitian adalah bagaimana proses pembelajaran santri Tsanawiyah bidang studi Qur’an Hadiś di pondok pesantren Darut Tauhid Jambur Kecamatan Panyabungan Utara, bagaimana strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan hasil belajar santri Tsanawiyah dalam bidang studi Qur’an Hadiś di pondok pesantren Darut Tauhid Jambur Kecamatan Panyabungan Utara, dan gambaran prestasi hasil belajar santri dalam bidang studi Qur’an Hadis di pondok pesantren Darut Tauhid Jambur Kecamatan Panyabungan Utara Berdasarkan rumusan masalah yang dikemukakan di atas, maka yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Qur’an Hadis di MTs Darut Tauhid Jambur Kecamatan Panyabungan Utara, untuk mengetahui strategi apa saja yang dilakukan guru dalam meningkatkan hasil belajar santri Tsanawiyah dalam bidang studi Qur’an Hadiś di MTs Darut Tauhid Jambur Kecamatan Panyabungan Utara, dan untuk mengetahui bagaimana gambaran hasil belajar santri dalam bidang studi Qur’an Hadiś di MTs Darut Tauhid Jambur Kecamatan Panyabungan Utara. Untuk menjawab permasalahan tersebut maka digunakan metode kualitatif deskriptif yaitu suatu metode yang menggambarkan gejala-gejala yang ada pada saat penelitian ini. Adapun responden atau informan penelitian ini berjumlah 3 orang yakni guru-guru bidang studi Qur’an Hadiś. Kemudian instrumen pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Setelah penelitian dilakukan dari nilai DKN siswa, maka diperoleh hasil bahwa hasil belajar santri dalam bidang studi Qur’an Hadiś memiliki kualitas lebih dari cukup dimana responden yang memperoleh nilai 9 sebanyak 2 orang (4,76 %), yang memperoleh nilai 8 sebanyak 17 orang (40,48 %), yang memperoleh nilai 7 sebanyak 19 orang (45,24 %), dan yang memperoleh nilai 6 sebanyak 4 orang (9,52 %), sedangkan yang memperoleh nilai 5 tidak ada. Kemudian Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi hasil belajar santri Tsanawiyah dalam bidang studi Qur’an Hadiś ada dua macam, ada faktor internal santri dan faktor eksternal santri.Faktor internal diantaranya adalah: perubahan sikap, minat, kondisi santri, dan motivasi santri. Sedangkan faktor eksternalnya adalah: guru bidang studi Qur’an Hadiśnya yang kurang profesional, gaya mengajar guru yang masih kurang, guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan metode tanya jawab, media atau alat, serta kurangnya dana. Sedangkan strategi yang dilaksanakan guru dalam meningkatkan prestasi hasil belajar santri Tsanawiyah dalam bidang studi Qur’an Hadiś adalah ada yang secara langsung dan ada yang secara tidak langsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Muslim Hasibuan M.A dan Ahmatnijar M.Ag |
Keywords: | Strategi Guru., Meningkatan Hasil Belajar Qur’an Hadiś |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 23 Sep 2020 04:16 |
Last Modified: | 23 Sep 2020 04:16 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5226 |
Actions (login required)
View Item |