Sari, Purnama (2012) Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan bentuk soal cerita sistem persamaan linear dengan dua variabel kelas VIII MTs. Islamiyah Hutagodang Kec. Sungai Kanan Kab. Labuhan Batu Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
07 330 0071.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Masalah penelitian adalahyang dilatarbelakangi oleh kesulitan belajar dapat dialami oleh siswa yang berkemampuan rata-rata disebabkan oleh faktor-faktor tertentu yang menghambat tercapainya kinerja yang akademik yang sesuai dengan harapan. Penulis ingin melihat bagaimana kesulitan siswa dalam mengkaitkan model matematika dengan sistem perasamaan linear dua variabel kelas VIII MTs. Islamiyah Hutagodang. Permasalahan yang muncul apasaja kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal bentuk cerita sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII MTs. Islamiyah Hutagodang, dan apa saja kesulitan siswa dalam menyelesaikan model matematika yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII MTs. Islamiyah Hutagodang. Tujuan penelitianadalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soalsoal bentuk cerita sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII MTs. Islamiyah Hutagodang. Untuk mengetahui kesulitan siswa dalam mengakaitkan model matematika dengan sistem persamaan linear dengan dua variabel kelas VIII MTs. Islamiyah Hutagodang dan untuk mengetahui apasaja kesulitan siswa dalam menyelesaikan model matematika yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII MTs. Islamiyah Hutagodang. Penelitian ini dilaksanakan dengan cara penelitian lapangan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengolahan dan analisis data dilaksanakan secara kualitatif dengan menggunakan pola pikir deduktif. Selain itu digunakan metode deskriptif, yaitu penjelasan baik tertulis maupun tidak dari orang-orang atau pelaku yang diteliti, dalam penelitian ini ada 32 orang siswa. Setelah penelitian ini dilakukan bahwa kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal bentuk cerita sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII MTs. Islamiyah Hutagodang. Kesulitan siswa dalam menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel siswa mengalami kesulitan. Hal ini disebabkan karena siswa kurang memahami konsep pemodelan matematika, konsep penyelesaian sistem persamaan yang diperoleh. Dan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dengan dua variabel yang paling besar adalah memahami konsep sistem persamaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Tatta Herawati Daulae dan Ahmad Nizar Rangkuti |
Keywords: | Kesulitan siswa; soal cerita; matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 23 Sep 2020 03:56 |
Last Modified: | 23 Sep 2020 03:56 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5217 |
Actions (login required)
View Item |