Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efektivitas pembelajaran pendidikan agama islam di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Aek Horsik Panyabungan

Nisak, Khoirun (2013) Efektivitas pembelajaran pendidikan agama islam di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Aek Horsik Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 310 0055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Guru Agama Islam sangat dituntut untuk selalu menciptakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara efektif, seperti menggunakan metode yang tepat, mengelola pembelajaran agar berjalan dengan efektif dan menggunakan waktu pembelajaran secara optimal agar tercapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan. Dengan demikian masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Aek Horsik Panyabungan. Sejalan dengan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Aek Horsik Panyabungan. Dan Penelitian ini berguna sebagai pelengkap tugas dan syarat-syarat mencapai gelar sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) dalam bidang Ilmu Pendidikan Islam, menambah pengetahuan dan wawasan penulis tentang efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan juga sebagai bahan masukan bagi guru-guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam untuk lebih mengefektifkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Aek Horsik Panyabungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilaksanakan riset di lapangan, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan analisis data dengan tiga cara yaitu reduksi data, deskripsi data dan penarikan kesimpulan. Efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sanggar Kegiatan Belajar Aek Horsik dapat dikatakan tidak berjalan secara efektif. Hal tersebut dilatar belakangi oleh beberapa faktor antara lain adalah minimnya fasilitas/media pembelajaran PAI yang dapat mendukung tercapainya pembelajaran yang efektif, kurangnya kedisiplinan baik dari pihak pamong belajar maupun warga belajarnya, alokasi waktu yang terbatas dan metode pembelajaran yang cenderung monoton karena pamong belajar kurang berupaya untuk menggali berbagai macam metode yang dapat dilakukan untuk lebih mengefektifkan pembelajaran PAI di SKB Aek Horsik Panyabungan. Dalam pembelajaran pamong belajarlah yang paling berperan untuk mengelola pembelajaran agar berjalan secara efektif. Oleh karena itu, masih banyak yang perlu dibenahi kembali untuk perbaikan ke depannya agar terlaksana pembelajaran PAI yang efektif di SKB Aek Horsik Panyabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Fauzi Rizal M.A dan Mhd.Yusuf Pulungan M.A
Keywords: Efektivitas Pembelajaran., Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 23 Sep 2020 02:14
Last Modified: 15 Oct 2020 09:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5206

Actions (login required)

View Item View Item