Nasution, Riski Sahrida (2015) Penerapan model Cooperative Learning tipe Talking Chips untuk meningkatkan keterampilan sosial peserta didik kelas VIII SMP N 1 Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 330 0028.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini dilakukan berawal dari wawancara dengan guru matematika di SMP Negeri 1 Batang Angkola yang menyatakan bahwa keterampilan sosial pada kelas VIII sangat rendah khususnya kelas VIII-H serta observasi awal yang peneliti lakukan terhadap kelas tersebut. Maka dari itu peneliti memberikan suatu model yang diharapkan mampu meningkatkan keterampilan sosial tersebut melalui model cooperative learning tipe talking chips. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model cooperative learning tipe talking chips dapat meningkatkan keterampilan sosial peserta didik di kelas VIII-H SMP Negeri 1 Batang Angkola. Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan keterampilan sosial peserta didik di kelas VIII-H SMP Negeri 1 Batang Angkola melalui model cooperative learning tipe talking chips. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan proses pengkajian melalui sistem berdaur atau siklus. Penelitian ini dilakukan sampai dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Bedasarkan hasil observasi dan wawancara pada setiap tindakan siklus dari penelitian ini, maka dapat disimpulkan Keterampilan sosial peserta didik kelas VIII-H SMP Negeri 1 Batang Angkola dapat ditingkatkan melalui model cooperative learning tipe talking chips. Hal ini dapat dilihat dari hasil keterampilan sosial peserta didik pada tiap tindakan meningkat 29% yaitu dari 62% menjadi 91%. siklus I dan siklus II yang memperoleh peningkatan yaitu kerjasama antara siswa mengalami peningkatan 32%, dari 57% menjadi 89%. Siswa yyang bertanggung jawab terhadap kelompoknya meningkat 29%, yaitu dari 51% menjadi 80%. Siswa aktif memberikan pendapat atau pertanyaan pada orang lain meningkat 29%, yaitu dari 46% menjadi 75%, siswa mampu menyesuaikan diri dengan kelompoknya meningkat 32%, yaitu dari 57% menjadi 89%. Kemudian adanya saling menghargai antara siswa meningkat menjadi 28% yaitu dari 59% menjadi 87%, adanya rasa peduli antara siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.pd |
Keywords: | Model Cooperative Learning; Tipe Talking Chips; Keterampilan sosial |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 23 Sep 2020 02:06 |
Last Modified: | 23 Sep 2020 02:06 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5205 |
Actions (login required)
View Item |