Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan strategi pembelajaran afektif dalam meningkatkan sikap dalam pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Baharuddin Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan

Nursaida, Nursaida (2013) Penerapan strategi pembelajaran afektif dalam meningkatkan sikap dalam pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Baharuddin Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
083100084.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah strategi pembelajaran afektif dapat meningkatkan sikap dalam pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Baharuddin Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Proses pembelajaran PAI yang ada di MTSs Baharuddin masih kurang terkait terhadap persoalan upaya mengubah pengetahuan agama yang bersifat kognitif menjadi makna yang perlu diinternalisasikan dalam diri siswa. Strategi pembelajaran afektif, yaitu strategi tradisional, strategi bebas, strategi reflekti dan strategi transinternal. Diantara strategi pembelajaran afektif tersebut yang dapat meningkatkan sikap terdapat pada strategi reflektif. Penelitian ini dilakukan di kelal VIII-2 MTSs Baharuddin, penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan bentuk siklus berulang didalamnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi dan seterusnya sampai peningkatan yang diharapkan tercapai. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran afektif dapat meningkatkan sikap siswa kelas VIII-2 di MTSs Baharuddin. Hasil observasi tindakan siklus I ketindakan siklus II yang meningkat sebanyak 12 orang dari jumlah siswa sebelumnya yang hanya 14 orang siswa, sehingga jumlah siswa yang berpartisipasi aktif baik dalam menunjukkan sikap antusias, respon terhadap materi yang diajarkan, kemauan untuk mengelola nilai-nilai tersebut kedalam dirinya maupun penghayatannya ditujukkan dari perubahan perilaku sebanyak 26 orang dengan ukuran observasi baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Agus Salim Lubis, M.Ag dan Drs. Abdul Sattar Daulay, M.Ag
Keywords: Strategi Pembelajaran Afektif; Meningkatkan Sikap
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 23 Sep 2020 02:52
Last Modified: 23 Sep 2020 02:52
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5196

Actions (login required)

View Item View Item