Wardiah, Nikmatul (2014) Perbandingan pemahaman konsep menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisions (STAD) dengan model pembelajaran langsung pada pokok bahasan pecahan di kelas V SD Negeri 200211 Padangmatinggi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 330 0062.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Faktor utama yang melatar belakangi penelitian ini adalah bahwa siswa kurang memahami pemahaman konsep matematika sehingga siswa mengalami kesulitan belajar. Siswa hanya bisa mengerjakan soal yang sama persis dengan contoh yang diberikan oleh guru jika diubah konteksnya siswa merasa kesulitan dalam mengerjakannya mereka kurang memahami mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu, apalagi dalam melihat pemahaman konsep siswa soal-soal yang diberikan diambil dari soal-soal cerita yang berkaitan dengan kehidupan seharihari siswa. Untuk melihat pemahaman konsep siswa maka diperlukan pembelajaran dalam bentuk kelompok yang dapat membantu siswa dengan kerja sama dengan anggota sekelompoknya. Dalam penelitian ini model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan model Pembelajaran Langsung akan dibandingkan untuk melihat pemahaman konsep siswa dalam pokok bahasan pecahan. Oleh karena itu , penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada perbedaan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan Pembelajaran Langsung pada pokok bahasan peahan di kelas V SD Negeri 200211 Padangmatinggi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan mengkomparasikan dua metode pembelajaran. Jumlah populasi78 orang dengan sampel eksperimen A 41 orang dan eksperimen B 37 orang. Teknik pengambilan sampel dengan randomized sampling, populasi pada penelitian ini kurang dari 100, sehingga populasi diambil semua maka penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan teknik penganbilan sampel non randomized control group pre test post test design. Untuk membuktikan kedua kelas tersebut berdistribusi normal dan homogen peneliti melakukan uji normalitas dan homogenitas. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan memberikan tes essay masing-masing 5 butir pertanyaan untuk soal pretest dan posttest, kemudian dianalisis dengan rumus uji-t. Dari hasil pretest dan posttestdiperoleh kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil tes pemahaman konsep diperoleh nilai rata-rata eksperimen A dari 65,58 menjadi 75,35 dan nilai rata-rata eksperimen B 64,04 menjadi 69,07 kemudian dari uji perbedaan dua rata-rata diperoleh -ttabel <thitung<ttabel yaitu -1,9947 <-0,889 < 1,9947 maka H0 yang diterima. Kesimpulan dari penelitian ini tidak ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran langsung terhadap pemahaman konsep siswa pada materi pecahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Sahadir Nasution dan Suparni |
Keywords: | student team achievement divisions; pembelajaran langsung |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 22 Sep 2020 04:19 |
Last Modified: | 22 Sep 2020 04:19 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5187 |
Actions (login required)
View Item |