Pulungan, Halimatus Sa’diyah (2014) Pengaruh pendekatan pembelajaran openended Terhadap kemampuan matematis berpikir kreatif siswa pada materi pokok bangun datar segiempat di kelas VII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 330 0054.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Faktor utama yang melatar belakangi penelitian ini adalah ketika dalam proses pembelajaran, banyak siswa yang kurang mampu dalam mengerjakan soal-soal/masalah terbuka yang berguna untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatifnya. Salah satu faktor hal tersebut bisa terjadi adalah guru kurang mengeksplorasi soal yang berguna mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Selain itu, siswa juga belum pernah menjalani kegiatan pembelajaran yang berawal dari masalah-masalah/soa-soal terbuka. Siswa hanya biasa dengan soal-soal yang sederhana saja. Kekreatifan siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah terbuka sangat minim sekali. Dalam pembelajaran matematika, siswa dituntut untuk memahami materi mulai dari yang mudah sampai yang sulit, soal yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya, dan soal-soal non rutin yang berkaitan dengan dunia nyata, atau bahkan yang berkaitan dengan mata pelajaran lain. Siswa juga dituntut untuk menyelesaikan soal dengan berbagai cara dan mengandung kemampuan berpikir kreatif masing-masing siswa, sehingga menghasilkan tujuan yang sama yang diminta oleh soal. Dalam penelitian ini, pendekatan open-ended diduga mempengaruhi kemampuan matematis berpikir kreatif siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh pendekatan openended terhadap kemampuan matematis berpikir kreatif siswa pada materi pokok bangun datar segiempat di kelas VII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan menetapkan populasi sebanyak 331 orang dan sampel sebanyak 56 orang yaitu 28 orang kelas eksperimen dan 28 orang kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik teknik cluster sampling dengan desain eksprimen non randomized control group pre test post test design. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan memberikan tes essay masing-masing 5 butir pertanyaan untuk soal pretest dan posttest, kemudian dianalisis dengan rumus uji-t. Dari hasil tes kemampuan berpikir kreatif diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 68,89 menjadi 69,07 dan rata-rata kelas eksperimen menurun dari 68,25 menjadi 59,14. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata diperoleh
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Darwis Dasopang dan Ahmad Nizar Rangkuti |
Keywords: | pembelajaran openended; berpikir kreatif; bangun datar segiempat |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 22 Sep 2020 04:13 |
Last Modified: | 22 Sep 2020 04:13 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5186 |
Actions (login required)
View Item |